SURVIVAL SWIMMING PROGRAM

TESTIMONI

Silahkan menulis testimoni anda di kolom comments.

Mohon cantumkan “Nama – tempat tinggal”

Terima kasih..

90 responses

  1. dodi

    Wah, blog nya diperbaharui ya pak adi ? kok testimoni nya msh kosong ?
    Saya ikutan ngisi ya pak.
    hmm.. mulai dari mana ya ?
    Gw org yg boyancy negatif banget alias kayak batu, gak bisa ngapung. Hari pertama latihan sempet buat pak adi garuk-garuk kepala hihihi.. Tapi pas hari ke 2, langsung berubah drastis. pak adi bisa bikin gw berani masuk klm 2,5 mtr. Dan hebatnya gw justru merasa ketagihan di dalam aer, sampe2 waktu latihannya kelewatan. ;-)
    Kata pak adi, kunci utamanya pola pikir, kalo bisa diubah keajaiban akan datang.
    Pelatihnya baik banget, walaupun taringnya kayak vampir, tapi di jamin gak gigit.
    maaf pak adi hehehe…..(kabur mode)

    June 5, 2009 at 15:05

  2. Bayu

    Wah aku juga ikutan nih..
    pa kabar mas Adhi….
    metodenya OK deh
    temen2 kantor pada heran,sekarang saya paling semangat kalo ngajak pada renang.
    padahal tadinya ogah banget kalo yang berhubungan sama tempat berair.
    maklum ga bisa renang..
    Makasih bimbingannya ya mas..
    Oya, akhirnya punya blog juga.
    selamat deh….

    June 5, 2009 at 16:23

  3. IRWAN

    Mau ikutan berbagi pengalaman nihh..

    hari pertama latihan sy udah bisa beradpatsi di kedalaman 2,5 mtr, dan yg lebih asyik lagi kita dibuat gak takut ama yg namanya tenggelam….ternyata tenggelam itu mengasikan sekali…

    Trims Mas Adhi….

    Moga tambah sukses selalu.

    August 3, 2009 at 15:42

  4. saya juga mau berbagi pengalaman, saya 30th, istri saya 28th dan adik saya 29th sama2 belajar berenang pak adhi, istri dan adik saya sudah pernah belajar berenang sebelumnya tapi tidak berhasil. Padahal istri saya itu paling takut sama air, kalau saya seh lebih takut lagi. Tetapi sekarang kami malah berenang di kolam 4 meter di gajah mada plaza. Mungkin kalau saya boleh ambil kesimpulan apa bedanya istri dan adik saya sebelumnya belajar dan gagal dengan sekarang, mungkin kalau sebelumnya mereka belajarnya melihat bagaimana berenang tapi kalau dengan pak adhi, dia hanya memberikan dasar dan kemudian melihat apa kekurangan kita dan memberitahukannya. sebenarnya tidak butuh 4x pertemuan, pertemuan pertama saja kami sudah merasakan berenang itu, sekarang saya sering sekali ke kolam, malah waktu itu saya pernah naik motor kemudian nyebur sebentar di kolam sport club dekat rumah dan pulang basah kuyub. Yang lebih keren nya lagi, setelah saya selesai berenang dengan pak adhi istri saya hamil!!!!, benar2 keren. Thanks a lot pak adhi!!

    September 29, 2009 at 16:01

  5. riska

    Pelatih saya namanya mas seto, dia bagian dari tim pelatihnya pak adi. Orangnya ramah dan sabar hadapin saya yang rada oon. Tapi di hr pertama saja mas seto dah bisa buat saya nyaman dengan kolam 2 meter, padahal sebelumnya berada di pinggir kolam 2 meter aja suatu hal yang ga mungkin. Eh sekarang malah kalo renang maunya di tempat kolam dalem terus, soalnya kalo kolam dangkal ga enak buat main-main sih hehehe..
    Makasih mas seto ..

    October 14, 2009 at 12:19

  6. wilda

    3 kali latihan…wow..sampe gak percaya.. trus sy nanya ke p’Adhi..sy td berenang..????? hehehehe..
    trims ya p’Adhi.. lg nyari jadwal buat latihan sekali lagi… :)

    January 21, 2010 at 10:47

  7. Anie

    Simple aja
    Kesan pertama ramah, sopan dan baik
    Metodanya sistematis dan jelas target hariannya.
    Dan yang pasti tanpa stres sama sekali.
    Terima kasih pak adhi.
    Sukses ya..

    January 28, 2010 at 21:42

  8. Hariyadi T. Putra

    Mentor saya adalah Mas Seto, Mas Seto orangnya sabar dan jelas penuturannya. Awal saya memutuskan mengikuti kelas Survival Swimming di BRDC sempat dicemooh oleh kawan2 “Mau jadi anggota Baywatch lo?” tapi cemoohan itu saya hiraukan karena kita yg mengetahui mana yg penting dan tidak, menurut saya survival swimming itu perlu walau sewaktu sekolah dulu pernah diajarkan berenang. Kurikulum sekolah tidak diajarkan secara private ke anak didiknya, kita diarahkan supaya dapat berenang mirip atlet. Sampai kita dewasa pun terbenam bahwa kita harus dapat berenang dgn gaya mirip atlet tanpa melihat apa kekurangan kita. Ketika saya mengikuti kelas ini, sangat terasa bahwa berenang itu tidak selelah yg saya kira. Saya jadi paham apa kekurangan saya, bahwa adaptasi pernafasan saya kurang baik, posisi berenang saya selama ini salah, dan yg utama saya jadi paham bahwa bouyancy saya positive sehingga tidak kuatir lagi untuk tenggelam asalkan kita tidak panik. Diajarkan pula pada saat kita berenang,ditengah kolam ternyata badan kita kecapean atau kram, kita bisa menghandle kejadian tersebut. Lalu yg jadi favorite saya, bisa menyelam ke dasar kolam sambil mengambil sesuatu di dasar, melihat sekeliling tidak menyangka kalau tubuh ini berada jauh di dalam permukaan air. Secara keseluruhan, saya puas dengan belajar secara private ke BRDC. Sekarang saya makin percaya diri berenang di tempat dalam seperti ikan yg berenang di perairan dalam. Mdh2n BRDC bisa makin maju, bisa menambah kru2nya sehingga bisa memenuhi permintaan dari konsumen seluruh Indonesia, dan impian saya bila punya anak nanti bisa diajarkan pula di BRDC khususnya kelas Balita, sudah saatnya Indonesia menerapkan Survival Swimming bagi balita sebagaimana diterapkan di negara2 maju. Terima kasih BRDC khususnya mas Seto, keep in touch terus mas….

    February 1, 2010 at 15:37

  9. eza

    Hai Mas Adhi Pa kabar ?

    Pertama ketemu saya langsung respek ngeliat mas Adhi yang tenang banget….ngajarinnya sabar banget…semua yang diajarin mas Adhi tuh berguna banget buat orang yang baru belajar renang, mulai dari adaptasi terhadap air sampai tips and trik berada di kedalaman, jadi inget kata mas Adhi : ” ada fase nyaman, tidak nyaman dan fase panik, kalau kita gagal ambil napas jangan panik ya tenang aja…coba lagi ambil napas sampai kita kembali merasa nyaman…sumpah itu berguna banget mas buat aku, sekarang aku tuh jadi pengen berenang terus nih….meskipun badan dah belang-belang…he..he…tks mas Adhi…berkat mas adhi aku jadi bisa renang dan yang pasti diving-ku jadi sukses juga….buat temen-temen yang pernah punya trauma dengan air atau pengem bisa asik renang dalam waktu singkat belajarlah renang sama mas adhi…hasilnya dijamin pasti ok…..see you mas Adhi….

    February 3, 2010 at 07:14

  10. Yose

    Thanks banget pak Adhi… Impian saya untuk bisa berenang terkabul dalam waktu singkat… walaupun waktu latihannya diextend ya pak hehehe. Dan yang luar biasanya latihan dengan pak Adhi benar2 money back guarantee, ketika udah 4 kali pertemuan dan saya masih belum bisa, pak Adhi langsung menawarkan apakah mau dikembalikan uang 100% atau diperpanjang 2 kali lagi, sambil beliau mencari solusi problem saya. Tentunya saya pilih extend 2 kali lagi dong dan Alhamdulillah di pertemuan ke 6 saya sudah lancar berenang dan bahkan sangat menikmati berenang. Jadi hanya 3 minggu latihan saya sudah lancar berenang

    Sekali lagi thanks ya pak, I salute you!

    February 25, 2010 at 10:52

  11. Yudi

    Wew .. ..

    Sedikit share pengalaman aja kenapa saya recommend belajar renang bareng Mas Adhi, dulu awalnya mo join belajar renang disini gak yakin dengan yang dijanjiin (average 4 kali pertemuan udah bisa renang????? YAKIN LOHhhhh ????) secara dulu aja saya berbulan2 belajar renang rutin gak bisa2 ha ha ha … malunya ^_^

    Lagian Mas Adhi kasih garansi, so… akhirnya aku gak terlalu pikir panjang langsung ambil aja sekalian dalam hati nantangin untuk 4 kali pertemuan bisa renang….(Jadi keingetan dulu pas pertama telpon Mas Adhi dia bilang “Klo mangganya gak manis duit dibalikin” alias “Klo 4 kali gak bisa berenang duit dibalikin fulll”) xixixixi…

    Nah udah gitu janjian deh untuk memulai latihan dan di pertemuan pertama Mas Adhi bilang cukup “perfect” (udah mulai seneng aja nih bisa renang ha ha ha ) giliran pertemuan kedua Tooeeenngggggggg bukannya renang gaya katak ehhh jadinya gaya orang kejang2 ha ha ha….

    setressss dahhhhhh !@#$%^&*()_+_)(*&^%$#@!

    tapi alhasil keknya Mas Adhi tau bahwa setiap orang punya problem masing2 dalam belajar berenang dannnnn akhirnya setelah dikasih saran tips akhirnya di hari ke-empat udah bisa muter2 deh di kolam dalem dan enggak ngos-ngos an lagi seperti di hari ketiga… Cihuyyyyy…

    Thanks buat Mas Adhi…

    March 8, 2010 at 12:41

  12. Mas Adi dan Mas Seto…maturnuwun sanget, atas bimbingan suhu2, saya akhirnya bisa berenang ditengah keterbatasan (berat badan dan tinggi badan diatas rata :p hehe). Plus lagi yang awalnya menyelam adalah impossible, mengingat boyensi tubuh saya yang super positif akhirnya dengan mencoba dan mencoba dan tentu saja dengan usaha sangat keras berhasiiiilllllllllll………!!!

    Saya meliahat faktor penting keberhasilan dari metode ini (non teknis) yaitu keramahan dari pelatihnya dan cara meyakinkan “kamu harus berani dan bisa” kepada yang belajar dengan cara mendiskripsikan keunggulan potensi fisik yang dimiliki. Sehingga kita beneran merasa bisa dan yakin.

    suskes selalu buat team…

    March 24, 2010 at 08:16

  13. Iskandar

    Setelah sekian lama saya tidak renang, akhirnya sy memutuskan untuk renang kembali. Namun, begitu saya coba di kolam renang berantakan, bahkan untuk yang basic pun saya tidak bisa. Alhamdulillah saya menemukan sistem pengajaran ini (ini pun tidak langsung ke web sitenya, tetapi lihat dari testimoni di web site lain). Tanpa pikir panjang saya mendaftarkan diri, terus terang agak kaget juga begitu tau biaya kursusnya, tetapi every penny worth it.. Gak rugi sama sekali. Saya jadi tahu cara survival technique yang justru menurut saya ini fondasi sebelum beranjak ke penguasaan gaya renang. Maju terus, sebarkan ilmu ini…:)

    April 5, 2010 at 13:40

  14. putri

    hehe, akhirnya bisa nulis testimoni. fresh from cikini nih…
    i love my childhood, jadi masih suka bernostalgia…termasuk inget waktu dilempar di kolam dalem dan ga nongol2..efeknya..hari ke empat belajar, pak adhi yang bawaannya cool itu cuma ngomong,” saya gagal, ibu mau uang kembali?’ ato tambah satu hari lagi?
    huhuhu, runtuh sudah dunia rasanya, bener2 dikutuk ga bisa renang sampe gede begini..ga mau banget pak, saya cuma mau bisa renang!!” dan hari itu saya belajar, ati2 kalo ngomong gagal sama murid saya, karena efeknya luar biasa bahaya…semua temen chating, fb, saya curhatin sambil ngomel2..huh sedih…gara2 blocking pikiran sendiri…masih terus (dibawah kesadaran kali ya, pak?? hehe) ga yakin sama yg dibilang pak adhi, kalo saya udah lumayan bisa bergaya mirip katak, boyensi positif…and finally, today, saya coba lebih percaya lagi ke pak adhi, dan ternyata, hohoho bisa seneng2, muter2, berhenti ditengah dikolam 3 meter…thank you somuch, for your patient…udah mau nerangin semuanya…dan ga da bosen-bosennya buat ngejawab pertanyaan saya yg bawel, dan oon ini, hahaha..

    April 30, 2010 at 11:25

    • Bu putri, saya mohon maaf.. saya tidak bermaksud membuat ibu “down”. Waktu hari keempat saya menilai tingkat keberhasilannya masih 70%. Artinya saya lah yang gagal membuat ibu mencapai target tepat waktu (4hari), dan sudah kewajiban saya untuk menawarkan “money back guarantee” seperti yang saya janjikan sebelumnya. Namun bukan berarti ibu tidak mungkin bisa renang, hanya butuh waktu lebih lama saja. dan hasilnya di hari ke 5 ini ibu sudah mencapai target 100%.
      Tapi ini sebuah masukan yang sangat berarti untuk saya bahwa harus sangat berhati-hati menggunakan kata “gagal”. Terima kasih bu Putri.. Oya, terima kasih juga coklat nya.. :-)

      April 30, 2010 at 12:01

  15. sapii

    Sebelum ikut pelatihan ini saya tidak memiliki kepandaian berenang. Saya search kursus renang melalui google. Dapat beberapa link salah satunya situs ini. Awalnya ragu hanya dengan 4 pertemuan sudah bisa berenang. Namun ada jaminan uang kembali, saya beranikan untuk ikut pelatihan. Malam saya coba kirim sms ternyata dibalas dengan cukup cepat dengan kalimat yang santun.

    Pertemuan pertama serasa mudah. Manajemen napas,bouyanci,adaptasi air,dll (lupa). Diajak pindah ke kolam dalam 2.5m, saya takut :(( Namun pak adhi dengan sabar membimbing,memperagakan gerakan berkali-kali dan menjelaskan sampai saya mengerti. Saya tidak menyerah terus-menerus bertanya. Pak Adhi tanpa bosan menjawab semua pertanyaan sejelas mungkin. Jika ada gerakan yang keliru beliau akan membetulkan sampai gerakan yang saya lakukan benar.

    Pertemuan kedua saya sudah bisa mengapung dan teknik istirahat ditempat dalam. Ternyata memang mudah. Tidak bisa karena saya terlalu tegang didalam air. Setelah rileks dan membuang jauh2 panik,percaya terhadap air bahwa saya pasti tidak akan tenggalam, kedalaman 2.5m menjadi biasa saja.

    Pertemuan ketiga sampai keempat diajari gaya katak/dada. Lagi-lagi saya sulit menirukan gerakan pak adhi. Namun pak adhi selalu memberikan dorongan bahwa memang awalny susah nanti juga bisa.
    Yang dibutuhkan pola dahulu. Kalau pola sudah dikuasai maka selanjutny sangat mudah.

    Pertemuan ke-4 akhirnya saya bisa juga menguasai pola tersebut. Ah…ternyata semudah itu…memang benar hanya awalny saja susah. Menurut pak adhi itu masih 80%. Beliau menawarkan uang kembali atau menambah 1x pertemuan. Saya tentu ambil 1x pertemuan lagi.

    Pertemuan ke-5, gaya dada di tempat dalam. Saya hampir tidak percaya semudah itu bisa berenang di tempat dalam. Betapa bahagianya :D Terimakasih banyak kepada pak adhi atas bimbingannya. Saya tidak takut lg berenang.

    Setelah pelatihan ini, saya biasa berenang selama 1jam tanpa berhenti memutari kolam dari ujung ke ujung. Malah pengen mencoba kolam renang lain yang lebih dalam :D
    Eh saya belum puas satu gaya saja, bosen katak mulu pak. Pengen bisa gaya bebas ma kupu-kupu hehe.. …Kalau ada pelatihan gaya lain ikut deh… ada gak nih ? :D

    Sayang tidak ada sesi foto-foto yah pak. Padahal pengen pamer juga nih ma temen yang suka ngetawain gak bisa berenang :))

    Untuk yang belum bisa berenang sama sekali, pelatihan ini sangat cocok sekali. Tidak rugi untuk dicoba.
    Harga menurut saya masih bisa diterima. Bahkan setelah pelatihan saya masih bisa sms bertanya tentang renang. Beliau balas dengan jelas. Top markotop pokoknya.

    June 30, 2010 at 14:06

  16. rachmawati

    Sebelum pelatihan, sy sudah pernah belajar renang, tetapi saya tidak pernah mempunyai sedikit keberanianpun tuk berenang ditempat dalam. Mas Adi begitu sabar membimbing saya, walau dengan pertemuan yang singkat yaitu 4x pertemuan, sy sudah berani di tempat dalam, sepertinya waktu 2 jam sangat sebentar sekali…………….thanks mas adi atas semua bimbingannya.

    July 3, 2010 at 20:11

  17. Ceacealia

    Rasanya seneng waktu pertama kali ketemu blog ini. Kebetulan saya memang waktu itu sedang mencari kursus renang yang ga makan banyak waktu. Pengennya dalam waktu yang singkat saya sudah bisa berenang…hehehe… Saya takut kebosanan kalo ikut kursus renang yang berbulan-bulan.

    Waktu menjalani kursus ini, saya menjadi lebih seneng lagi karena ada relatif banyak tips dan trik renang yang diberikan. Semua tips dan trik itu bener-bener membantu saya mengikis sedikit demi sedikit ketidak PD-an saya ketika berada dalam air. Dengan adanya adanya ke -PD-an itu saya lebih bisa menikmati proses berenang itu sendiri.

    Meskipun kata Pak Adhi kayuhan kaki saya masih kurang cepat (tapi tehniknya sudah benar), saya tetap bisa merasakan manfaat besar ikut kursus ini. Kalo dulu berenang terasa menegangkan dan melelahkan, sekarang terasa santai dan enteng. Sekarang berenang jadi jauh lebih menyenangkan.

    Terima kasih banyak Pak Adhi.

    Buat orang-orang dewasa yang ga seneng lama-lama belajar renang tapi pengen bisa berenang, ada baiknya mencoba kursus ini.

    July 3, 2010 at 23:16

  18. duh uda ampir sebulan abis selesai saya les, baru inget isi testimoni (ampun pa adii ampuuunn)

    smua kata2 pak adi pas les renang, bener2 ngelekat banget di pikiran saya hwhw.
    ->hari pertama saya sempet ga bisa tidur pas tau besoknya mau les renang. sampe akhirnya pas saya ketemu pak adi pertama kali, kenalan, dan belajar renang, liat air aja tuh rasanya mau muunnttaaahhh (seriously) sampe akhirnya belajar nafas dan pa adi meyakinkan saya, kalo bouyancy saya +++ dan saya nafasnya panjaannngg. agak pede si, tp masi belum percaya :)

    ->hari kedua, sama belajar nafas, ulang dari awal, trus mulai deh suru masuk2 ke kolam yang 2,5 meter (oww maaann!) suru main2 di bawah. pas ngebayangin, ya ampuuunn, serem banget. dicoba berkali2 takut banget tenggelam. huhuhu. akhirnya diajarkan teknik down proving, serem abisss

    ->hari ketiga, ini hari yang paling nightmare dan menentukan, apakah saya lanjut atau uang kembali, pelajarannya uda mulai nyeremin, main di 2,5 meter, belajar kaki katak, sampe sakiiit bgt kakinya huhu

    ->hari keempat, hari paaling menyenangkan, hari yg bisa mengubah hidup saya. akhirnya saya bisa berenang!pas pertama masuk kolam, langsung tekad mau bisa berenang, ehhh gataunya bsa sendiri, akhirnya seharian banyakin benerin gaya katak, trus diajarin main2 deh sama pak adi, haha.

    satu kata yang pa adi bilang, kalo masalah kita sekarang cuma setipis kertas, kalo kita berhasil dan berani menembusnya, pasti smuanya terasa mudah.hihi

    my deepest honour given to you pak! sukses selalu yaaa hehehe
    nb : oiya. yang mau belajar renang, ga usa ragu2 dibohongin, ga usa takut gagal, dijamin 1000% ga nyesel diajarin berenang sama pak adi and team :) jia yoooo!!!

    July 21, 2010 at 22:26

  19. dr.Jeremia Mone

    Terima kasih untuk belajarrenang mas adhi
    Saya semakin berani untuk survival yg lebih extreme lagi :)

    Salam Hipocrates

    August 7, 2010 at 06:38

  20. h. hendi

    Usia saya 35th, domisili di Surabaya. Pengalaman trauma masa kecil krn pernah tenggelam di air, membuat saya pobia terhadap air dikolam renang. Sebelum mengikuti program ini, saya pernah mencoba ikut kursus renang sampai ber-bulan2, namun tetap tidak berani untuk berenang ditempat yg dalam, hanya berani dikolam 1,5mtr. Hampir putus asa rasanya, sampai akhirnya saya kenal mas Adhi melalui blog ini. Sengaja saya ke Jakarta untuk mengikut program ini dgn harapan bisa berenang & bisa “mengalahkan” rasa takut saya thd air ditempat dalam.
    Kesan saya pak Adi orngnya ramah, sabar & sangat telaten membimbing. Metode latihan yg diterapkan adalah dgn membaca kekurangan kita lalu diberitahu cara untuk memperbaiki setiap kelemahan kita tsb, serta membaca apa kelebihan kita & mengoptimalkan apa yg menjadi kelebihan kita tsb, sbb kekurangan & kelebihan setiap orang tidaklah sama.
    Pelajaran yg saya dapatkan, yang namanya tenggelam di air sebenarnya adalah suatu bagian dari berenang itu sendiri. Masalahnya skrg adl bagaimana teknik yg benar untuk tenggelam agar tidak panik, inti dari program ini adl menguasai teknik tsb.

    Ehm..intinya begini, seorang pawang ular/ hewan buas mereka bisa menaklukkan & berinteraksi dgn hewan tersebut, karena mereka telah belajar & mengetahui sifat2 dari hewan tsb. Demikian pula dgn berenang (hehehe…gak segitunya kaleee, ya..), karena yg dihadapi adl air, maka kita jg hrs mengetahui sifat2 air dikolam. >>Jadi, kalau gak mau deket sama ular/ macan, jangan jadi pawang. Begitu jg kalo “Gak mau tenggelam”, ya gak usah bisa berenang, tapi pilihan saya “INGIN BISA BERENANG” jadinya ya harus tenggelam. “Kita harus menghormati air”, itu kata2 yang saya ingat dari pak Adi, perasaan takut adl sifat dasar manusia yg normal, kalau ga ada perasaan takut itu tidak normal. Hormatilah air, dengan mengetahui dan mempelajari sifat2 air, sehingga kita bisa berinteraksi dengannya.
    Untuk pak Adhi, anda telah “membantu” mengubah hidup saya, apresiasi dari saya untuk Bapak. Terimakasih banyak atas bimbingan & pelajarannya, sekarang saya bisa berteman & berinteraksi di air dalam…

    August 10, 2010 at 23:12

  21. ria

    Akhirnya bisa berenang juga, walo dengan kondisi badan yang tidak optimal (masa pemulihan dari operasi pasang pen di tulang punggung akibat syaraf kejepit) jadi hrs pake nambah ekstra time (ini udah saya antisipasi dari awal).
    Trimakasih untuk semuanya.

    September 1, 2010 at 14:52

  22. Irfan

    saya ikutan testimoni ya pak Adhi..

    saya sangat menyenangi olah raga air, dari dulu terobsesi untuk bisa menikmatinya, saya pergi snorkeling, ingin belajar menyelam dll tapi selalu terkendala dengan ketidakmampuan saya untuk bisa berenang dan menikmati air..
    setelah mengikuti pelatihan oleh pak Adhi, sekarang sudah bisa menikmati berada di air, bisa berenang mengelilingi kolam tanpa merasa kelelahan yang berlebihan.. jadi gak sabar untuk segera snorkeling dan menyelam :)

    terima kasih pak Adhi.. bravo untuk tim brdc…

    October 24, 2010 at 05:49

  23. Jody

    Life changing,

    Hal itu yang saya rasakan setelah mengikuti (hanya) 4 kali latihan dengan tim bdrc. Awalnya saya (merasa) bisa berenang walaupun ternyata gerakan dan cara pengambilan nafas saya salah, hal itu yang membuat saya selalu seakan2 kehabisan nafas padahal hanya berenang untuk jarak 15 – 20M. Hal ini yang membuat saya tidak pernah percaya diri untuk berenang dikolam renang yang dalam atau dilaut (berenang 15 M saja ngos2an apalagi 1 km, bisa2 saya berhenti ditengah jalan kehabisan nafas)
    Hari pertama latihan dimulai dengan cara pengambilan nafas ( ternyata ini sangat penting), Guru saya namanya mas Dion (dia mengerti bagaimana caranya agar tehnik2 yang diterapkan oleh bdrc dapat dipahami dan diikuiti oleh muridnya dengan mudah).
    Dengan cara pengambilan nafas yang benar saja, saya dihari pertama sudah dapat berenang dengan jarak puluhan meter tanpa ngos2an lagi. Dilatihan hari kedua, detik pertama saya langsung diajak untuk masuk kekolam berenang dengan kedalaman 3 meter (sangat takut pastinya) tapi lagi2 mas dion mengajarkan bahwa kuncinya di pengambilan nafas dan jangan panik, serta jangan takut untuk tenggelam. Hari ketiga adalah perbaikan gerakan gaya katak saya yang belum sempurna (di hari ketiga ini latihan sudah tidak dilakukan dikolam berenang dengan kedalaman 1,5 meter, semua dilakukan dikolam renang 3 meter!!) andai saja saya bisa memiliki mental seperti ini dari dulu. Hari keeempat, saya dinyatakan LULUS!!
    Sekarang saya pasti meyempatkan untuk berenang setidaknya sekali seminggu tanpa ada rasa takut lagi, Life changing!
    Kalo saya coba summarykan tehnik pengajaran dari bdrc yang membuat berbeda dari kursus renang lainnya; adalah dengan membalik pencapaian, yang biasanya dimulai dengan latihan terus menerus (cenderung membosankan) untuk memperbaiki gerakan renangnya (supaya mirip dengan atlet renang mungkin?), maka latihan dari tim bdrc lebih mengutamakan pencapaian agar kita merasa nyaman didalam air, merasa nyaman saat tenggelam, pengambilan nafas yang benar. Kalo kita sudah menguasai itu semua, soal gerakan pasti akan dikuasai dengan mudah setelahnya.
    Untuk anda, yang masih ragu untuk mencoba kursus ini, saya sarankan untuk mencobanya.. Biayanya sebanding dengan pencapain yang didapatkan! Saya dan beberapa orang yang pernah mengikuti kursus ini sudah merasakannya.

    terimakasih Pak Adhi dan Mas Dion!

    November 5, 2010 at 23:56

  24. horee..akhirnya bisa BERENANG

    buat saya kalau tidak bisa berenang sesuatu yang memalukan..hehehe..lalu saya mencoba googling di web dengan search belajar renang
    kemudian saya menemui web ini dan memberanikan diri melalui klik contact dan menelopon pak adhi, kondisinya saat itu pas mau menjelang lebaran sehingga latihan tidak bisa di lakukan karena jadwal sudah padat dan menurut pak adhi pelatih tidak ada dan harus menunggu setelah lebaran.

    finaly setelah lebaran saya di sms pak adhi
    bahwa jadwal latihan sudah bisa dimulai
    kemudian saya disarankan memilih kolam buat latihan lalu saya pilih kolam renang cikini..Mantabs kolamnya besar..saya dilatih oleh mas Dion team dari Pak adhi.

    Mas Dion mengajar saya dengan sabar cara teknik mengatur napas yang baik walaupun saya melakukan kesalahan berkali kali ,menurut mas dion saya termasuk bouyanci positif jadi jangan takut tenggelam

    beberapa pertemuan saya lewati dengan macam macam bahkan sempat panik dan takut tenggalam, setelah pertemuan ke 4 saya dinyatakan baru menyampai 70 persen, kemudian saya ditawarkan oleh mas dion apakah ingin uang kursusnya dikembalikan atau memilih 1 kali pertemuan.

    tetapi saya tetap memilih melanjutkan pertemuan sekali lagi, dengan tekad * SAYA HARUS BISA * di pertemuan ke 5 saran dari Mas Dion kita coba kolam kedalaman 3 meter ternyata saya lebih menikmati dan lebih mudah melakukan gerakan & mengatur pernapasan.

    Kemudian saat itu juga saya DINYATAKAN BISA BERENANG oleh mas Dion dengan menyeberang kesana kemari dikolam 3 meter.

    Terima kasih buat Pak Adhi dan Mas Dion.

    Sukses selalu buat BRDC..

    Salam,

    Daniel

    November 17, 2010 at 19:44

  25. Abdul

    Akhirnya bisa juga….. :)

    perkenankan saya berbagi cerita saat belajar renang di BRCD.

    awalnya sy hanya browsing di google nyari artikel tentang renang, tp langsung ketemu link BRDC dan ternyata gak hanya artikel renang tp ada kursusnya… lgsg hari itu juga sy sms Pa’Adhi dan beliau menyampaikan klu di daerah Ciputat lokasinya di Pondok Wisata Situ Gintung, pelatihnya namanya Mas Dion, besoknya sy ditlp Mas Dion dan saya belajarnya sabru-minggu.

    Hari Pertama sy diajarin teknik pernapasan di dalam air lalu uji Buoyanci dan ternyata Buoyanci sy POSITIF menurut Mas Dion dan memiliki pernapasan yang bagus didalam air. Dah seneng banged tuh dibilang gituh, jadi tambah semangad belajar renangnya :) . Selanjutnya dilanjut dengan mengapung dan cara mengambil napas secara intensif.

    Hari Kedua sy diajak di kedalaman 3 mtr tp karna buoyanci sy positif hingga digantungin beban yg berat pun dipinggang tetap aja gak bisa nyelam sampai ke dasar kolam, dan menurut Mas Dion buoyanci positif sangat gampang untuk belajar renang.
    tp…. entah knapa sampai dipertemuan kedua sy blm bisa ngambil napas, dan di pertemuan ke-2 pula merupakan hari yg paling menakutkan bagi sy karena sy tenggelam sampai panik banget jd gak bisa ngontrol napas. saking paniknya sampai berpikir buruk “mungkin sy gak akan bisa” tp kata Mas Dion tenggelam itu hal yg wajar bagi yg belajar renang bahkan bisa terjadi sama org yg sudah mahir skalipun dan justru seluruh enegri positif dan kemauan yg kuat untuk bisa, keluar setelah mengalami hal yg menakutkan.

    Hari Ketiga : Hari ke-3 deg-deg’an klu mikir saat tenggelam tp sy tetap berpikir positif dan sy harus bisa…. tp di pertemuan ke-3 ini mgkn merupakan “Hari yg paling Melelahkan” bagi Mas Dion karena segala cara beliau terapkan tetap aja sy gak bisa ngambil napas, dibantu dengan alat (papan renang) pun malah tetap gak bisa. sampai sy berkali2 bilang ke Mas Dion (parah ya mas.. gak bisa2 :) tp Mas Dion dengan sabarnya mencari kelemahan/kekurangan sy knapa gak bisa…. dan pada akhirnya hari ke-3 pula bisa ketemu apanya yg salah. (ternyata belajar renang ada tempo/ritme seperti layaknya musik) kesesuaian gerakan tangan, kepala, badan dan kaki. dan sy termasuk dlm ritme/tempo yg tidak seperti kebanyakan org. mgkn ibarat lagu klu kebanyakan org ngerok tp sy pop slow :) hehehe

    Hari ke-4 : dipertemuan keempat adalah hari yg paling menyenangkan karena setelah melewati tahap demi tahap sampai diajarkan penyelamatan di dalam air oleh Mas Dion tak satu pun yg sulit bagi sy atas arahan Mas Dion dan beliau menyatakan sy sudah bisa berenang…. hore…….

    Terima kasih Mas Dion, yg sudah sabar membimbing saya, pa’adhi thank very much…. karena BRCD sy bisa renang.

    Good Luck…..

    December 20, 2010 at 18:23

  26. Prita

    Saya selalu takut air, dari kecil sampai punya anak SD seperti sekarang.
    Waktu teman ajak ikutan kursus semi privat ini, awalnya agak pesimis karena saya pernah kursus tapi tetap takut air dan teteeup gak bisa renang :(

    Ternyata, Pak Adhi punya metode dan cara penyampaian yang walaupun sederhana tetapi logis dan benar2 workable. Penyampaiannya tenang dan gak bikin saya stress atau ngerasa di bawah tekanan. Di sesi ke-5, saya akhirnya mulai berani main di kolam dalam sendirian, walaupun masih di pinggiran saja hehehee.

    Thank you Pak Adhi, great job!

    December 21, 2010 at 12:06

  27. reno

    hallo mas Adhi, maaf nih baru sempat nulis testimoninya..

    buat pembaca, hai salam kenal..saya baru saja selesai kursus tiga hari lalu… saya hanya punya satu kata untuk kursus ini: fantastik!

    gak kebayang dalam empat kali latihan saya udah bisa renang dengan lancar. padahal, empat kali latihan itu tidak berturut-turut dalam satu minggu.

    hari pertama, di tempat dangkal, saya diajarkan teknik pernapasan. ternyata, cara bernapas untuk renang itu beda banget dengan cara napas olahraga lainnya.. selain itu, saya juga dites buoyancy, uji apung deh bahasa gampangnya… buoyancy saya positif, udah dipakaikan pemberat, masih juga gak bisa duduk di dasar kolam… artinya, kemungkinan saya tenggelam sangat kecil (jadi pede nih, hehe). cuma kaki doang yang agak berat, kata mas adhi karena saya udah sering olahraga lain sebelum ini jadinya otot kaki yang bikin berat…

    hari kedua, mulai belajar teknik meluncur. masih di tempat dangkal, saya diajarin cara meluncur dan memanfaatkan momentum badan.. lalu diajarin teknik menggerakkan kaki… awalnya cukup susah, saya sering terburu-buru… setelahnya, diajarin juga sedikit cara gerakin tangan…

    hari ketiga, saya mulai latihan perpaduan tangan dan kaki… ini udah dilakukan di kolam dalam, 3 meter! agak susah awalnya, tapi mulai menyenangkan…

    hari keempat, awalnya masih sedikit salah cara saya gerakin tangan dan kaki…terlalu cepat buat kaki, atau terlalu lebar buat tangan…jadinya saya gak begitu meluncur di air… tapi, gak lama, udah mulai lancar… bahkan, saya bisa berenang keliling kolam tanpa bermasalah dan pegangan ke pinggir sekalipun! bayangkan, cuma empat kali latihan saya udah bisa berenang dengnan lancar..

    memang,perlu penyempurnaan teknik sedikit, tapi kata mas Adhi itu hanya masalah adaptasi..semakin sering saya berenang semakin baik tekniknya…

    ohya, di hari keempat ini juga diajarin cara megnatasi kram di dalam air dan cara memulai berenang tanpa perlu dorongan dari dinding pinggir kolam…ini seru banget, karena dilakukan di kolam 3 meter!

    terakhir, saya mau bilang makasih untuk Pak Adhi dan BDRC… sekarang, saya tidak takut berenang lagi…

    January 16, 2011 at 00:16

  28. dewi

    hai mas adhi
    hai mas dion..

    thanks ya udah ngajarin saya berenang, dulu saya kira ga akan pernah bisa berenang tp itu salah. 4 kali pertemuan sungguh membuat hidup saya lebih indah. i like it..

    January 23, 2011 at 20:36

  29. Muflih Agus (Karawaci)

    Mas Adhi,

    Saya mengucapkan terima kasih sekali, akhirnya bisa berenang. Padahal sampai dg akhir 2010 saya masih benar2 phobia dg yg namanya kolam renang. Kini kalo ada yg ngajakin nyemplung saya hayuk aja.

    Terima kasih buat mas Dion yg dengan sabar membimbing. :)

    salam,
    Muflih

    February 7, 2011 at 11:36

  30. wibi

    Apa kabar mas adhi?
    Hehehe…maaf baru sempat isi testimoni sekarang. Alhamdulillah setelah belajar berenang dari mas Adhi sekarang saya jadi berasa kayak ikan suka main2 di air :p, dan minimal seminggu 2 kali harus berenang karena benar2 ketagihan.
    Awal2 belajar gak percaya kalau saya bisa berenang dgn cuma 5 kali pertemuan, tp ternyata bisa juga. Sekarang kalau motret di air pun bisa berenang sambil pegang kamera tanpa bantuan tangan buat ambil nafas :P. Terima Kasih mas Adhi.

    February 27, 2011 at 22:25

  31. fauziah (jakarta)

    Sudah lama pengen bisa renang. Tapi ga kesampean belajar, apalagi umur semakin nambah. Ada hambatan “bisa ngga ya, udah setua ini baru belajar renang?”

    Memberanikan diri, saya kontak Mas Adhi, kemudian disambungkan ke Mas Dion. Alhamdulillah, dg 4 pertemuan ternyata saya bisa renang! seneng banget. seneng banget. mau latihan rutin supaya terbiasa dan lancar.

    Mas Dion sangat baik dan sabar, dan memang metodenya menekankan pada ketenangan dan kemampuan diri kita sendiri untuk bisa beradaptasi di air. Bulan depan saya ultah ke 41 dan bisa renang merupakan hadiah ultah yang sangat membahagiakan. Saya jadi ketagihan renang dan snorkeling :)

    Terima kasih mas Adhi dan Mas Dion. Bravo BRDC!

    March 26, 2011 at 09:51

  32. Esti

    Halo Pak Adhi.

    Sorry baru sempat isi testimoninya.

    Saya ikut kursus renang BRDC bulan Februari lalu, di pertemuan ke-4 sudah bisa berenang gaya katak bolak-balik 1000m di kolam kedalaman 3m. Sungguh luar biasa.

    Sekarang saya rutin berenang 1-2x dlm seminggu.

    Terima kasih Pak Adhi!

    March 29, 2011 at 11:26

  33. Tonny

    awalnya aku sempet ragu juga mo ikutan, karena dari kecil emang ga pernah dibiasain bermain-main di air. dan pas baca blog ini lebih ragu lagi, masa iya cuma 4-5 kali belajar doang udah bisa, padahal beberapa kursus lain yang serupa sampai menawarkan paketan yang sekian bulan. dan terbukti memang saat pertemuan awal-awal masih aja susah berenang, hingga suatu saat…

    …pada pertemuan yang ke-4 ternyata tanpa disadari aku udah bisa meluncur dengan tenangnya tanpa perlu menjejakkan kaki ke dasar kolam! sungguh menyenangkan, padahal sebelumnya ga bisa renang dari nol.

    ini bukti penampakannya gan, biar ga dikira hoax… :D

    http://fotografeel.net/blog/life/blukuthug/

    matur nuwun sanget, Mas Adhi :)

    March 30, 2011 at 12:53

  34. Linda

    Saya kenal pak Adhi sudah lamaa…. sering kegiatan bareng dan memang sedari dulu pak Adhi ini sudah brilliant , calm , n smart…

    sudah lama saya ingin belajar berenang dan baru tahu kalau pak Adhi mengadakan kursus berenang. setelah mencari cari waktu akhirnya baru kesampaian di’ajarin’ renangnya tahun ini bulan april kemarin.

    Pak Adhi itu orangnya tenaaaanggg banget, jadi bisa menenangkan orang lain dengan cukup baik, dan pola pendekatan yang diajarkannya juga bisa membuat orang merubah pola pandang dari sisi yang selama ini dipandang oleh banyak orang (umum –> yang cenderung bikin parno) ke pola pandang lain yang menenangkan, dan masuk akal.

    akhirnya, gak parno lagi berenang Dhi eh pak Adhi…hehehe…

    Dhi (eh pak Adhi ), hayukk nyelem bareng… (udah bisa gaya sekarang :P )

    May 27, 2011 at 09:55

  35. Ini testimoni buat Mas Dion yang jadi pelatih saya.

    Orangnya kalem banget.. Dan pas latihan, koreksinya bener-bener dibuat menyesuaikan preferensi dan insting kita.. Jadi setelah berulang-ulang dicoba akhirnya kita sendiri yang nemuin ritme dan gaya yang pas..

    Saya pribadi awalnya pernah trauma sama air, dan sama sekali engga bisa berenang kecuali gaya batu (yakni tenggelem dengan sukses).. Tapi di pertemuan pertama trauma saya langsung hilang pas tahu buoyancy tubuh saya positif, yang artinya mau diem juga badan saya engga akan tenggelem (kecuali kalo panik), dan saya jadi bisa mengatur rasa panik kalo pas engga bisa ngambil napas..

    Keren banget deh ini metode belajar renangnya, karena kita dibuat belajar dasar-dasarnya, selanjutnya tinggal mengembangkan lebih jauh apa yang kita pengenin..

    Pertemuan kedua saya udah menguasai gaya katak meskipun ritmenya masih suka kacau..
    Pertemuan ketiga saya di-tes endurance-nya dengan berenang bolak-balik gaya katak..
    Di pertemuan keempat sendiri karena penasaran saya coba-coba berenang gaya bebas, dan ternyata lumayan tuh.. Ternyata berenang itu gampang banget!

    June 12, 2011 at 12:16

  36. rudolf

    Ending nya Lulus,
    Dengan pengajaran yg sabar dan masuk logika akhirnya mudah saya serap dan praktekan,
    Dengan mengawali belajar dari teori BRDC, seperti kenali tubuh, pahami pola napas, adaptasi postur tubuh serta anugerah bouyancy saya positif segalanya jadi mudah untuk bisa berenang.
    Sukses ya Pak Dion, salah satu pengajar di BRDC yg tubuhnya dikutuk karena bouyancy negatif sehingga membuat saya terpacu, pak Dion yg negatif aja bisa dan pengajar pula, kalau saya yg bouyancy positif tentu lebih mudah lah karena tubuh saya pasti ngambang ditambah dg teknik dari tim BRDC pasti bisa heheheheheh.
    Sekarang hobby baru saya berenang yg tadinya saya tdk bisa berenang sekarang tiada hari tampa berenang, semua berkat Pak Dion, Thank’s Pak Dion
    SUKSES BUAT BRDC
    PAK ADHI dan TEAM

    June 18, 2011 at 18:30

  37. F.Widya.N

    Halo Pak Adhi

    Pak adhi itu orangnya tenang dan sabar sekali menghadapi saya yg pas renang ayuhan kakinya kaku bgt hihihi, sampai extended 2 hari ya Pak ;p

    Pas ikut latihan renang di BRDC lah saya baru sadar kalo yang terpenting dalam berenang itu adalah mengatur nafas, momentum dan buoyancy. Apalagi buoyancy ku positif banget, jadi kenapa takut tenggelam? kata Pak Adhi pas hari pertama latihan hehe.
    Saya yang parno kalo lihat kolam renang dalam ini sekarang malah exited pengen nyoba yang dalam2, walaupun ayuhan kakiku kadang masih kaku tapi sekarang kalo mau berenang, kalo bisa pengennya minimal di 2 meter :))

    Terima Kasih atas bimbingannya ya Pak

    June 24, 2011 at 19:05

  38. Febri

    Awalnya motivasi saya pingin bisa berenang adalah salah satunya saya berhenti merokok,saya mencari kira2 olahraga apa ya yang bisa sekalian rekreasi,pilihan jatuh pada renang…cuma masalahnya saya gak bisa sama sekali berenang hehehhe….
    Setelah browsing2 soal belajar renang,ketemulah situs ini,tanpa pikir panjang saya langsung ikut.
    Metodenya keren,saya dari nol sama sekali gak bisa berenang pada hari keempat udah bisa berenang bolak balik di tempat yang dalam.
    sekarang tinggal sering-sering berenang aja untuk nambah jam terbang dan melatih paru-paru.
    Terima kasih ..

    July 4, 2011 at 16:32

  39. Magda

    Salam :)

    Rasanya blessing banget di usia yang menjelang maghrib ini saya diberkahi kemampuan baru yang sekarang jadi hobi saya: berenang!
    Diberkahi, karena bisa berenangnya datang hampir tiba-tiba, dalam 5 hari ^_^ mulai dari nol, sampai mampu berenang bolak-balik di kolam yang dalamnya 3 meter, tanpa ngos-ngosan sama sekali dan enjooooy!

    Di hari keempat saya sudah bisa berenang di kolam dengan kedalaman 2,5 m. Tapi karena beberapa hal, hari kelimanya ditunda sampai beberapa minggu. Kalau di hari keempat saya masih merasakan takut berenang di kolam yang dalam, tapi di hari kelima (tadi siang, tepatnya) sudah tidak khawatir lagi, tidak banyak menguras tenaga dan lebih cepat.

    Saya dilatih oleh Pak Adhi bersama adik saya yang alhamdulillah menemukan website ini. Ternyata betul, Pak Adhi pelatih yang oke sekali :) humble dan sabar mengajari dua ibu-ibu yang susah banget disuruh berenangnya, gantian takutnya dan maunya nempel di pinggir kolam melulu..hehe.. But now we’re swimmers! yay!

    Sekarang saya lagi rajin nonton Youtube nyari tips berenang gaya lain. Karena sudah tau potensi saya (buoyancy dan napas) dan sudah bisa beradaptasi di air, belajar dari video jadi makes sense. Sudah begitu, masih bisa tanya-tanya sama Pak Adhi. Tentang belajar gaya bebas, Pak Adhi tadi kasih tips dilatih dulu keseimbangan di air, berenang di satu sisi. Tadi sempat ngintip di Youtube tentang alternating side drill, ketemu! hore banget deh. Besok mau dicoba di Waterpark.

    Untuk Pak Adhi, thanks a lot, mudah-mudahan tambah sukses, dan menjadi inspirasi pelatih-pelatih lain sebagai pelatih dengan integritas tinggi. Oh ya, Pak Adhi, tadi lupa cerita, waktu beberapa hari latihan sendiri saya sudah bisa mengapung di punggung dengan gerakan kaki. Tinggal latihan tangannya saja lagi. Mungkin itu kelebihannya pendekatan nalar ya, Pak Adhi. Kalau sudah memahami air dan potensi diri, bisa mengembangkan kemampuan secara lebih mandiri (dengan saran-saran dari pelatih juga tentunya).

    Akhirul kalam, kalau tidak recommend BRDC, keterlaluan deh! :D

    Magda

    July 19, 2011 at 22:30

  40. Sarah

    Yes, we are now officially swimmers ‘albeit amateurs :D’ berkat Pak Adhi dan

    metode yang disebutnya “simpel aja..” Ok simpel tapi di situ letak indahnya

    and it works for me!

    Saya ikut program BRDC saat baru mulai les bersama batita saya dengan pelatih

    lain dan sangat merasakan perbedaannya, terutama dari segi hasilnya. 3 kali

    latihan di les pertama, saya baru mampu bernapas sebentar di dalam air dan

    meluncur dengan menendang dinding kolam. 4 kali latihan dengan BRDC, saya

    sudah bisa renang gaya dada dengan jarak lumayan.

    Saya merasa hasil yang sangat berbeda ini antara lain karena BRDC punya

    target yang jelas dan metode untuk mencapainya, berpengalaman khusus melatih

    orang dewasa dan bersedia menyesuaikan cara belajar dengan individu yang

    dilatih.

    Terutama pendekatan nalar yang digunakan BRDC, bagi saya paling menentukan

    awal dari swimming experience saya dan keberhasilannya. Saya dibuat percaya

    bahwa saya JUGA BISA renang. Setelah itu urutan belajarnya membuat proses

    belajar jadi mudah, hingga akhirnya di usia 36 tahun saya bisa renang!

    Masih suka ga percaya :D tapi metode memang menentukan. Seringkali orang

    dewasa diharap langsung mengikuti gerakan dan mengulang-ulangnya, seperti

    anak-anak. Tanpa penjelasan dulu, tanpa diberi ‘booster’ percaya diri; apa

    kelebihan yang dimiliki dan bagaimana menyiasati kekurangan. Jadi biarpun

    sudah berkali-kali les renang banyak juga yang tidak berhasil.

    Sebagai pelatih orang dewasa, menurut saya Pak Adhi sangat pas. Sopan, sabar,

    tenang. Selalu ngasi semangat dan tidak keliatan kecewa kalau saya belum bisa

    sesuatu. Saya sangat bersyukur waktu sudah niat mau bisa renang, ketemu Pak

    Adhi. Sekarang saya PD membawa batita saya main-main di air. Tinggal teknik

    survivalnya masih perlu pemantapan dan Pak Adhi bersedia ditelepon untuk

    berlatih lagi kapan-kapan :) Thanks Pak Adhi, my first and foremost swim

    coach :) Inshallah sukses selalu!

    July 24, 2011 at 09:03

  41. indra

    maaf, saya baru bisa kasih testi nich..
    pelatih saya namanya pak dion.
    orangnya enak dan sabar..
    sebagai pelatih dia benar2 on-time
    (maaf ya pak,saya sering telat datang ke kolam) hehehe :D
    pokoknya profesional banget deh orangnya,,

    sejak dulu saya takut berenang di kolam yang dalam.,
    tp dengan metode yg diajarkan, sekarang saya tidak takut lagi..
    bahkan sekarang kl berenang minimal harus ada kolam yg 2 meter..hehe :D
    alhamdulillah saya lulus tepat waktu (4 pertemuan),..

    pokoknya yg belum bisa berenang, saya sarankan bisa mencoba pelatihan ini..

    sekali lagi terima kasih untuk pak dion atas bimbingannya..
    oiya, salam buat pak adhi dah pak farid
    kapan2 kita berenang bareng..hehe :D

    sukses buat tim brdc

    August 5, 2011 at 09:48

  42. rosalina kane

    For many years i have been afraid of deep water and could not think that I could ever learn to swim. My fear comes from childhood when I nearly drowned. I never would have believe that in 4 lessons that were not difficult nor did they cos me any fear, i would have accomplish so much. I CAN SWIM… Thank you for Bapak Adhi for your kind and gentle manners; your generosity with your time.

    August 10, 2011 at 20:00

  43. HK

    Holaa.. mauu testii dikitt.. br abis pertemuan ke 4 ama Mas Dion..

    Spt testi2 diatas yg sudah2… Mas Dion sabar orgnya.. baik en ramah juga.. en jg on time..

    Sekilas ttg saya.. saya dr dulu sering nyebur kolam.. tp cuma gaya jalan kaki aja dikolam.. alias cuman main2 di kolam cetek.. begitu masukin pala aja langsung gak comfort.. pokoknya sama sekali gak bisa renang deh..

    Singkatnya.. pertemuan per-1 saya belajar napas.. ke-2 saya belajar survive di kolam 2m.. pertemuan ke-3 udah belajar renang dgn gaya katak.. ke-4 sudah mulai bisa berenang bolak balik di kolam 2m.. intinya dasar2 berenangnya sudah dapet.. tinggel diperlancar…

    So.. at the end, BRDC meet their promises.. you can swim after the 4th training.. yap.. gak usah ragu buat yg sm skali gak bisa renang.. join aja, train with them and change ur mind set.. and i’m sure you will have a new skill that changing ur life…

    Sampe ktmu Mas Dion.. Sukses selalu..

    August 22, 2011 at 13:41

  44. Dwi Prakarsa

    Assalamualaykum wr wb.

    Waduh saya lupa ngisi testinya niy…baru sempat. Maaf ya Mas Adhi.

    Terus terang sepanjang 40 tahun usia saya (mungkin the oldest student ya Mas Adhi…) , pada awalnya saya phobia dengan yang namanya Kolam renang. Sampai ketemu website ini di akhir Juni 2011. Dan saya menghubungi mas Adhi, kemudian responsenya sangat cepat.

    Karena sering diledek istri ga bisa renang, makanya saya ingin buat kejutan buat dia. Dan tanpa ngomong2 ke istri saya belajar berenang sepulang dari kantor. Supaya surprise gituh….

    Terus terang saya tertarik dengan promosi “money back guarantee” di sini, sehingga saya yakin metodenya pasti cespleng. Soal harga sesuailah dengan metode dan teknik yang diajarkan….

    Alhamdulillah saya lulus dengan nilai pas-pasan alias bisa berenang meski via extended version, alias nambah waktu belajarnya, menjadi 5 kali pertemuan. Dan hasilnya, pada waktu libur lebaran yang baru lalu. Istri saya, bapak saya, kakak dan adik saya takjub melihat hasilnya di kolam renang hotel di Lembang.

    Malah saya bisa mengkoreksi, ceile….teknik berenang gaya dada (karena bisanya itu aja…xixixi) kakak dan adik saya agar efisien. Dan it works, kakak dan adik saya mengakuinya….juga teknik mengambangnya. Karena menurut mereka mengambang identik dengan water trapen.

    Sekarang, tiada hari tanpa berenang. Seminggu sekali minimal, pasti menyempatkan diri ke kolam renang. Alhamdulillah sudah bisa 200-300 meter gaya dada tanpa henti….juga karena lagi program diet oleh dokter karena overweight, mengingat usia disuruh banyak olah raga low impact dan renang merupakan olah raga yang paling cocok.

    Terakhir, semoga Mas Adhi & Team terus bisa tumbuh dan berkembang di kota-kota lain dalam menyebarkan semua ilmu renangnya. Semoga semua usahanya dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT. Amin…..

    Wassalam
    Dwi – Depok

    October 7, 2011 at 13:38

  45. akhyar

    akhirnya bisa ngejalani taon baru dengan skill baru .. :D
    abis kontak brdc, langsung besoknya ingin mulai privat .. kalo kelamaan bisa2 rasa takutnya keburu kambuh ..

    Hari pertama cuma disuruh apung dl utk di lihat kecenderungan apung badan trus di suruh latihan/atur nafas .. tp, walau cuma latihannya masih blm ngapa2in rupanya latihan ini yg menentukan untuk belajar selanjutnya ..

    dihari kedua udah disuruh coba ngerasain kolam 3 meter dan karena bekal hari pertama, jadinya tidak terlalu panik .. sy sendiri heran koq ga’ setakut sebelumnya pas ngeliat kolam 3 meter ..

    akhirnya di hari ketiga udah mencoba gaya katak .. tp masih belum sempurna .. setelah dilatih terus2an .. di hari keempat udah bolak balik ngerasain kolam 3 meter ..

    akhirnya, masih mungkin bisa berenang walo umur diatas 25 taon .. :D
    padahal kata orang otot dah kaku ga’ mgkn bisa belajar renang lagi …
    tp buktinya minggu depan pengen berenang lagi nih ..

    January 10, 2012 at 06:13

  46. Ferry

    alhamdullilah … at last …akhirnya bisa berenang jg …sesuatu yg menurut saya impossible (sejak kecil) menjadi possible sekarang …
    walaupun sampai 5 kali pertemuan …
    tp saya salut dengan metode brdc,step2 yg diajarkan pertama mereka mengajarkan bagaimana agar nyaman di dalam air terutama di kolam yg dalam …tehnik belakangan …
    setelah nyaman di kolam yg dalam, baru-lah tehnik berenangnya dilatih (gaya dada) …
    dan gaya dada yg diajarkan jg yg rileks, bukan mencari kecepatan …
    kata mas Dion (trainer sy) : “berenang itu harus nyaman, harus dinikmati, gak perlu capek.” menurut sy masuk akal jg, maklum umur sdh diatas 35th, jadi kita belajar berenang bukan utk menjadi atlit, tp utk rekreasi & pelepas stress …
    so buat yg masih belum bisa berenang, & takut ke kolam yg dalam, buruan daftar & coba metode brdc …gak usah ragu …
    saya ucapkan banyak2 terima kasih buat mas Adhi yg telah menemukan & mengembangkan metode ini …
    terima kasih banyak jg buat mas Dion, yg dengan sabar melatih saya yg terlalu banyak nanya & pikiran ini … hehehe…
    maju terus BRDC …
    salam …
    Ferry

    January 25, 2012 at 10:54

  47. diaz

    Saya ikut pelatihan dengan mas Dion, orangnya sabar dan bersahaja, hehe. Sangat cocok sebagai pelatih renang orang dewasa.

    Hari pertama latihan nafas karena ini yang paling utama. Lalu uji bouyanci yang ternyata saya negatif dan cenderung berat di kaki. Karena itu saya langsung dilatih gerakan kaki.

    Hari kedua dan ketiga selain latihan nafas, sudah mulai latihan gerakan tangan dan kombinasi tangan-kaki. Tetapi saya sangat kesulitan disini karena kaki tenggelam terus sehingga harus pakai alat bantu supaya bisa mengapung lebih lama.

    Hari keempat coba latihan gerakan dan nafas tanpa alat bantu. Ternyata gerakan dan nafas masih kacau karena belum menemukan ritme yang tepat. Ditambah lagi kaki yang berat sampai-sampai saya mengalami kram dan latihan harus dihentikan. Nah, disinilah mas Dion menguji keteguhan hati saya, apakah mau refund atau lanjut sekali pertemuan lagi dengan chance 50%. Akhirnya saya memutuskan untuk lanjut dan saya request pertemuan dipecah menjadi dua kali. Mungkin disini mas Dion berfikir keras metode apa kira2 yang tepat untuk saya.

    Ternyata di pertemuan selanjutnya latihan nafas dan gerakan2 langsung di kolam 3 meter. Awalnya gerakan masih kacau karena saya gampang panik di tempat yang dalam. Tetapi mas Dion selalu menekankan bahwa di dalam air harus tenang terutama untuk yang bouyanci negatif seperti saya sehingga gerakan bisa rileks. Dan setelah mencoba cukup lama akhirnya saya menemukan juga ritme gerakan yang pas buat tubuh saya.

    Dan di pertemuan terakhir akhirnya saya sudah bisa berenang dengan menyeberang kolam 3 meter. Sempat diajari juga tips2 menghadapi obstruction ketika berenang.

    Pada intinya metode yang diajarkan oleh BRDC sangat efektif, saya sangat merekomendasikan pelatihan ini.

    January 26, 2012 at 21:56

  48. Debie Cintia

    Seneeeeeng banget karena akhirnya setelah hidup selama dua puluh *bip* tahun (sensor :p) saya bisa juga berenang. Dan prosesnya hanya memakan waktu delapan jam yang dibagi dalam 4 hari pertemuan.

    Awalnya saya jiper banget, ngerasa ga pede dan takuuut. Soalnya bisa dibilang kalo kemampuan renang saya itu nilainya -3. gimana ga minus, orang saya aja pernah tenggelem di kolam 1.5 meter, coba. Hahahaha. Selama sesi awal latihan saya terus-terusan mencengkram pinggir kolam sampe harus berkali-kali diingatkan oleh Pak Dion untuk rileks dan menyerah pada kekuatan air. Materi yang diberikan pada hari pertama adalah adaptasi dengan air dan mengenali potensi tubuh sendiri. Diajarin cara tenggelam dan main di dasar kolam. Dari sini ketauan kalo buoyancy tubuh saya positif. Gampang ngapung. Jadi sebenernya ga ada yang perlu ditakutkan.

    Di hari kedua mulai adaptasi di kolam dalam. Disuruh tenggelam hingga nyentuh dasar kolam yang 3 meter. Wuaaaah…sukses panik. Tapi Pak Dion dengan baiknya terus menenangkan saya dan mengajarkan teknik mengambil napas di air.

    Hari ketiga belajar gaya dada. Masih di kolam 1.45 meter walaupun Pak Dion udah ngajakin saya main di tempat dalam. Tapi saya kekeuh mau menyelaraskan gerakan yang kacau karena kemampuan koordinasi gerak yang sungguh amat berantakan.

    Hari keempat, setelah setengah jam review materi di hari ketiga, saya diajak ke perbatasan kolam 1,45 meter dan 3 meter dan berkali-kali kabuuuur karena ketakutan sendiri ngeliat lantai yang menjorok ke bawah. Hiahahaha. Untung kaburnya ga keterusan sampe sesi berakhir. Ini gara-gara Pak Dion yang ngomong, “Yah, kalo Mbak puas dengan hasil yang begini saja saya juga ga bisa maksa. Yang harus dikalahkan itu bukan airnya. Tapi diri Mbak sendiri” :)

    Yang paling seru dari sesi keempat adalah ketika saya penasaran pengen berenang hingga nyentuh dasar kolam. Ga berhasil sama sekali. Airnya terus-terusan ngedorong saya ke atas. Di sini Pak Dion kembali mengingatkan kalo saya ga mungkin tenggelem kecuali panik. Lah, dibikin sengaja tenggelem aja susahnya minta ampun gitu :p

    Berenang itu sebenernya mudah. Yang sulit adalah mendobrak dinding keraguan kita terhadap diri sendiri.
    Terimakasih untuk Pak Adi yang telah menciptakan konsep belajar renang yang menyenangkan dan efektif, juga responnya yang sangat cepat dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan saya.
    Untuk Pak Dion, terimakasih ya untuk bimbingannya selama empat hari kemarin. Sabar banget ngeladenin segala macem alasan saya untuk menghindar dari kewajiban mengalahkan keraguan diri sendiri. hehehe.
    Sukses!

    Yak, pe-er berikutnya adalah mahir gaya bebas dan ngapung berdiri.
    SEMANGAT! :D

    February 6, 2012 at 20:00

  49. Renny

    Sesi pertama yg diajarin nyemplung belajar ngambil napas dikolam dangkal *dalam hati bayar mahal kok cuma disuruh gini doang*.. Setelah itu baru belajar berenang *masih dikolam dangkal*..

    Nah, pas pertemuan kedua.. Eng ing eng, disuruh nyemplung ke kolam dalam (2.85 mtr) *lgs pucet dan ngeluarin jurus ngeles*.. Tp, Pak Adi cool aja nanggepinnya, cuma bilang tenang aja ga akan tenggelem kok, kan kmaren udah kebukti disuruh tenggelem aja ga bsa hehehe..

    Ok d, ga bsa cari alesan lg.. So, kita latihan ditempat dalem.. Dan ternyata, wuuuiiiihhhh mantabs abizzz.. Langsung seneng, maen2 dikolam dalem..

    Jadi, setelah pertemuan selese, terjadi perubahan drastis: dari yg paling takut liat kolam dalem jadi yang paling seneng pengen buru-buru nyemplung klo liat kolam dalem.. Dulu ga kebayang gmn caranya renang dikolam dalem, sekarang klo lg renang trus tiba-tiba cape dan brenti dikolam dalem dah ga takut lg..

    Now, I proudly declare I can conquer the pools eh my fears hehehe..

    It’s so worth it! Makasih byk Pak Adi..

    Sukses selalu buat Pak Adi and team!

    February 7, 2012 at 09:33

  50. Adrie

    Tgl 29 feb dateng 4thn sekali, today feb 29, 2012. I officially announce that i can swim ^^ di bawahi gawang mas dion (emank kiper :p) nan sabar mengulang2 review dasar renang biar ane lancar… akhir na bisa jg berenang haha asik… serasa jadi anak2 lg demen main air lg ^^ skrg ud kaga tengsin di ajak nyebur ke kolam 4mtr hohoho… makasi bnyk mas Dion and mas Adhi… sukses selalu ^^ (pesen buat yg niat belajar tapi berasa mahal, sebener na jika di exchange dgn skill 1x seumur idup biaya diatas ituw murah lho ^^ ketimbang nyesel umur bertambah terus tapi ga bisa2 berenang ^^)

    February 29, 2012 at 14:07

  51. Indy

    Dear All…
    Bbrp hari yg lalu aq baru ja ngerampungin swimming private with Pak Adhi, beliau…full off.. Spirit, cool,, expert and yg psti suaabbaarrr…. Bgt..two thums up deh untknya..

    Dr 4 hari belajar, Predikat lulus dah d dpt,, tp dgn wasiat dr nya untk Ttp perhalus lg gerakan, renang dgn santai, nikmati air, momentum tubuh & gaya luncur hrs d pakai, krn kelemahan sy adl renang krg tenang, alias buru2 ky mo ngejar gaji..and slalu mengehntak saat ambil nafas… Qiqiqiii….ampyuunn…deh..
    And yg penting ttp konsisten pd gerakan2 dasar yg bener…

    Hari 1, pengenalan air, diri, tntg buoyancy,,postural, kekuatan bernafas d air,,belajar teknik bernafas,… Belajar tenggelam,, krn ternyata dgn bouyancy yg positif aq rada sulit tenggelam..
    Di hri ni jg langsung k kolam dalam 2,4 M,,,, awalnya …wweee… Sereum euuyy… Ternyata malah nikmat bgt loh..
    Trs skaligus di ajarkan gaya dada, tanpa tangan…

    Hari ke 2, msh berlanjut dgn teknik dasar gaya dada,,mengayuh,, bgm menhemat tenaga d air, di selingi drownproofing,,

    Hari ke 3,, perdalam gaya dada, bolak balik kolam renang… Ksana kmari …plus koreksi sana sini gerakan…

    Hari ke 4,,, teknik recovery, ngatasi kram otot, main puzzle dlm air sambil pake teknik drownproofing,, seneng bgt wkt berhasil selesainnya..^^…
    And renang abis2 an pake gaya dada,,, awalnya kacau bgt,, ampe kayanya pak adhi rada puyeng, gara2 aq terlalu tinggi angkat kpl, plus slalu menghentak tiap kali ambil nafas, tp dgn sabar and support nya,, akhrnya gerakan mulai mendekati sempurna,, and di nyatakan lulus deh.. Alhamdulilah..
    Sayang bgt abis tu hrs ngantor klo gk psti msih d kolam trs tuh…ha..ha..ha..

    Makasih bgt,, untk Pak Adhi, tim BRDC ,, akhirnya skrg aq bs PD renang d kolam dalam… Tanpa lelah,, lupa jarak and wkt..«ngejalanin lg hobi terpendam ini»…..
    Cihuuyy…

    Sukses bwt tim BRDC yaa…
    Chayoooo….^^

    March 4, 2012 at 17:58

  52. Cucu Saidah

    Dear all,

    Saya mau ikut share pengalaman yaaa,,,,dan untuk Pak Adhi, maaf ya baru kali ini saya menulis testimoni.

    Awal kontak Pak Adhi lewat SMS, saya sempat ragu untuk mengatakan yang sebenarnya bahwa saya adalah seorang penyandang disabilitas (atau di masyarakat umum masih banyak disebut istilah penyandang cacat). Sedikit hawatir jika ternyata guru renang yang dihubungi ‘tidak siap’ untuk melatih renang penyandang disabilitas. Keraguan saya ini bukan tanpa dasar. Semasa sekolah dulu baik di SMP maupun SMA, saya sering dilarang untuk mengikuti olahraga terutama renang oleh guru olahraga. Alasannya karena kaki saya cacat. Pada saat sekolah saya menggunakan 2 crutch untuk membantu saya berjalan. Sekarang saya lebih nyaman menggunakan kursi roda untuk memudahkan mobilitas saya.

    Ternyata keraguan saya itu dipatahkan oleh isi SMS Pak Adhi yang sangat positif. Pak Adhi meyakinkan saya bahwa jika dicoba pasti bisa. Respon Pak Adhi yang sangat positif serta kesempatan yang telah diberikan pada saya menjadi salah satu jalan bagi saya untuk membuktikan pada publik bahwa penyandang disabilitas butuh dukungan untuk aktualisasi diri di masyarakat.

    Seperti biasa, jika seorang penyandang disabilitas berada di tempat baru maka akan menjadi perhatian orang di sekitar. Bisa dimaklumi, karena mereka tidak terbiasa. Hari pertama belajar renang adalah hal yang tidak bisa dilupakan, terutama ketika Pak Adhi minta saya untuk duduk di dasar kolam renang. diikuti dengan teknik teknik berikutnya. Menurut saya, metode yang diajarkan sangat berbeda dengan yang lainnya. Saya benar benar menemukan yang diinginkan. Meski seringkali ada kehawatiran gagal dalam 4 kali pertemuan. Tetapi, semangat diri dan sikap positif Pak Adhi telah membuktikan sebagai faktor keberhasilan saya untuk bisa menikmati air.

    Sebagai penyandang disabilitas, membiasakan diri di publik termasuk di kolam renang adalah hal yang sangat penting. Kebiasaan ini juga menjadi edukasi nyata pada masyarakat. Bahwa menjadi seorang oenyandang disabilitas adalah hal yang normal bisa terjadi kapanpun atau siapapun. Hal yang penting adalah bagaimana menyikapinya. Kesempatan dan prilaku yang normal dari individu individu non disabilitas menjadi pembuka bagi kesetaraan para penyandang disabilitas untuk bisa menikmati hidup dan lebih produktif.

    Terima kasih Pak Adhi atas kesempatan dan keyakinan yang telah diberikan. Meski saya berenang berbeda dengan kebiasaan pada umumnya. Pak Adhi telah membuktikan sebagi guru yang menerapkan prinsip inklusif, menghargai perbedaan.

    Ayo Pak Adhi, saya tantang lagi yaaa untuk mengajar suami saya renang dengan segala kondisi yang dimilikinya. Seperti kata Pak Adhi “tidak ada yang tidak bisa”, meski mungkin akan membutuhkan modifikasi teknik atau bahkan alat bantu. Suamiku sudah semangat juga, kacamata minus tebal nya sudah dipersiapkan:-)

    Okay Pak Adhi, see you someday…..somewhere……keep positive!!!

    March 22, 2012 at 22:15

  53. Hana

    Bunch of thanks to Pak Adhi..

    Pak Adhi ini orangnya baik banget, tenang, sabar dan selalu ngasih motivasi waktu saya mulai ragu2.. serta selalu ngasih positive reinforcement saat saya berhasil melakukan gerakan dengan benar..hehe

    Berkat Pak Adhi yang oke bgt waktu ngelatih saya, program dan materi yang komplit serta target yang jelas, saya sukses menyelesaikan pelatihan Swim4Survive ini.. yeeayyy!!

    Saya jadi bisa berenang muter2in kolam tanpa ngos2an dan berani renang di kolam dalam. Sempet diajarin juga underwater swimming sama Pak Adhi. Ternyata orang dengan bouyancy positif seperti saya ini bisa nyelem juga. hehe.. Dan saya baru tahu kalo di bawah air itu ternyata menyenangkan.

    Sekali lagi, makasih banyak buat Pak Adhi.. Now I am a swimmer..hehe :)

    April 1, 2012 at 11:09

  54. agum

    Alhamdulillah akhirnya selesai juga pelatihan swim survival bersama BRDC kemarin 26-28 Maret 2012 di Bandung KR SETRA
    Point for BRDC:
    1. Pokoknya “Recommended Trainning”
    2. Pelayanan “Before and after Trainning” thd client bagus
    3. Terobosan metode yang baik dalam pengajaran cara/teknik berenang yang nyaman & fun
    4. Team support pelatih Profesional (baik/sabar.dsb) Hatur nuhun untuk mas Faridz & Mas Dion (dah ngasih traktir teh manis & mie rebusnya.(setidaknya tuan rumahnya ya,he3x. ),Tadinya mw ngasih oleh2 bwt mas farid & dion jg mas adhi cuman ga sempat,mungkin next aja kali ya. Ciri khas bandung yaitu Peuyeum’puan maaf just kidding hahahaha
    5. Sistem pengajaran yg praktis hingga mudah bisa berenang dengan ilmu berenang yang benar diberikan kepada client2 dlm jangka waktu yg singkat.
    Awalnya saya sering surfing di internet mencari artikel tentang renang karena melihat di luar negri kok banyak anak kecil bahkan balita bisa berenang survival gtu. Byk contoh2 di youtube Asyik juga bisa seperti itu, cuman keterbatasan saya dlm berenang masih belum berani untuk ditempat air yg lebih dalam.akhirnya ketemu dech di belajarrenang.com..
    Kebetulan untuk di bandung yang saya ikutin kemarin itu Kunjungan pelatihan yang ke-2..dimana yg ke-1 sebelumnya ditempat yg sama karang setra sempat saya mau daftar cuman telat. Dan sempat berencana ke Jakarta, karena kondisi saya belum memungkinkan akhirnya menunggu dengan sabar nunggu giliran ke bandung dan akhirnya terlaksana juga kemarin.
    Selama latihan saya simak apa yang mas farid & dion utarakan dan contohkan. Dengan niat & usaha tekad yang kuat ingin bisa, akhirnya mas farid & dion melihat progress saya cepat & lumayan bagus. Tinggal ditambah lagi jam terbangnya.
    Oh ya mindset dan psikologis juga pengaruh dalam belajar disini mesti relaks sabar and menikmati/merasakan dikolam renang karena kita berhubungan dengan unsur air.
    Bagi yang belum nyoba metode ini,, tdk akan rugi dengan nilai biaya sejumlah tersebut kalau niat & tekad ingin bisa berenang yang nyaman dan aman.Terkecuali bagi yg doyan garansi kembali…hehehe
    Cuman lupa sesi terakhir/perpisahan tdk sempat foto2 bwt buktinya nih selama belajar dikolam (lumayan bwt kenang2an).
    Pesan bwt teman2 yg ikut kemarin latihan di bandung LANJUTKAN… Latihannya dan sukses selalu
    Sukses buat Mas Adhi beserta Team’nya Mas Farid & Dion, dkk…) Amin.

    April 14, 2012 at 13:21

  55. deni irawan

    akhirnya…. BISA Berenang!!!
    tks mas dion yg udah sabar ngajarin. dari yg gugup dikolam cetek sampai maunya nyemplung di kolam dalem terussss.mas adhi tks juga atas bantuannya. this team is fully recommended!!! metode yang jelas, penalaran yang logis, step by step dalam memupuk keberanian, sopan, tepat waktu. pokoknya really appreciate deh, sekali lagi big thanks to mas dion :) sukses selalu. deni irawan ciracas

    May 7, 2012 at 08:40

  56. ika

    awalnya saya tidak yakin bisa berenang dalam 4x pertemuan, tapi garansi uang kembali meyakinkan saya untuk menghubungi pak Adhi. Walaupun sempat susah menyesuaikan jadwal latihan karena ada halangan,akhirnya saya dan suami mengambil kelas semi private. Berlatih renang dengan pak Adhi sangat menyenangkan karena pak Adhi bisa menjelaskan hal-hal yang rumit menjadi simple dan mudah dimengerti. Tanggal 24 Mei saya dan suami dinyatakan lulus oleh pak Adhi, benar-benar dalam 5x pertemuan (karena semi private) kita bisa berenang. sekarang saya bisa berkata seperti ucapan pak Adhi “berenang itu mudah” he he..trima kasih pak Adhi….smoga selalu sukses..
    ika, bintaro

    May 28, 2012 at 22:00

  57. Rizk@

    Haduh..Maaf baru bisa ngisi testimoni sekarang…Abis sibuk sih..*diceburin ke kolam dalem*.
    Kesan saya,amazing banget, di usia saya yang 32 tahun ini, dari sama sekali ga bisa renang, hanya dalam waktu 8 jam pertemuan saya bisa mewujudkan resolusi saya tahun ini yaitu harus bisa berenang.. Malah saya nyesel, kok ga dari dulu2 saya nyoba,padahal saya tau websitenya BDRC dari tahun 2010,tapi baru kesampaian belajar akhir bulan April 2012 justru pas saat saya sibuk dinas dan pelatihan..
    Materi yang diajarkan kurang lebih sama dengan testimoni yang lain,yaitu tes bouyancy(yang mana bouyancy saya positif balon..Hadeuh,bouyancy sama badan kok 11-12..)teknik pernapasan,beradaptasi di air,belajar tenggelam di kolam 2 meter (ga panik,Cuma malah muncul2 lagi alias ga sukses tenggelamnya),meluncur,muter di air,dan akhirnya…jeng jeng jeng..belajar renang gaya katak,mulai dari teknik ngambil napas,gerakan tangan dan gerakan kaki.
    Buat saya ,metode di BRDC ini tepat sasaran,efisien,dan bisa masuk di logika kita,jadi gampang untuk di mengerti dan di praktekkan..Akhirnya terimakasih buat Mas Adi dan semua team BRDC,semoga semakin sakseisss…!!

    May 30, 2012 at 10:26

  58. Eko Sukaryanto

    4 kali latihan dan udah bolak balik di kolam 3 meter. (2850 cm tepatnya :D )

    Trainer nya mas dion. sabar banget dan asik banget.. :D

    pokoknya gak nyesel, dan sesuai dengan testimoni sebelum2nya. Sangat di rekomendasikan.

    June 13, 2012 at 14:35

  59. Mawan - Jakarta

    Akhirnya giliran saya yang kasih testimoni buat team belajarrenang.com

    Sebelumnya saya sama sekali ga bisa renang dan paling males deh kalo diajakin renang.
    Tapi itu dulu dan masa lalu yang kelam #halah -_-”

    Beberapa kendala saya dan mungkin umumnya orang yang ga bisa berenang :

    1. Keabisan nafas
    2. Takut di kolam dalam
    3. Cepat lelah
    4. Gerakan dasar yang salah
    5. Pengaturan nafas yang berantakan
    6. Tidak bisa beradaptasi di kolam renang / air

    Kendala-kendala diatas tadi sudah hilang semua setelah saya mengikuti 4x pertemuan dan di training oleh mas Dion dari team belajar renang.

    Pertemuan pertama saya cuma diajarin mengatur nafas di air, disini ada 3 tahapan nafas yang harus dipelajari dan ini sangat penting karena pengaturan nafas kuncinya.
    Setelah itu belajar tolakan dan kayuhan menggunakan tangan dan berputar. Sangat dasar tapi kalo gak tau gerakan dasar ini akan sangat susah belajar renang :D

    Pertemuan kedua, belajar turun ke dasar air di kolam 2 meter kalo ga salah setelah itu diajari kayuhan kaki , lalu gerakan tangan dan kaki ( gaya dada) disini gerakan saya kacau balau, susah buat saya mengatur ritme gerakan tangan dan kaki. #dihari kedua saya sempat down karena gerakan saya kacau balau dan berpikir bisa ga ya renang huff

    Pertemuan ketiga masih belajar gaya dada, disuruh ulang gerakan gaya dada di hari kedua namun masih berantakan, Mas Dion langsung ngajarin teknik rahasianya disini :D haha, dan ga lama saya langsung bisa menemukan pola gaya dada tanpa keabisan nafas dan bisa berenang tanpa henti di kolam standar olimpic walaupun hanya pada lebar kolam nya saja, yang sebelumnya sama sekali ga bisa renang di pertemuan ketiga saya udah bisa renang :D #amazing buat tekniknya

    Pertemuan keempat berenang di kedalaman 3 meter dan nyemplung ke dasar kolam 3 meter. Sesuatu hal yang dulu saya ga mungkin lakukan. Yes akhirnya saya bisa berenang santai tanpa keabisan nafas dan semua kendala yang saya sebutkan diatas sudah hilang.
    Dan dinyatakan lulus sama mas Dion. O iya lupa di hari keempat diajarin juga teknik mengatasi kram di dalam air. Ini menurut saya sangat helpful sekali tekniknya karena kalo kita kram ga tau harus ngapain cuma dipegang2 doank.

    Pertemuan 1 -3 :
    jam 6 – 8 pagi dikolam renang Soemantri di belakang pasar festival
    Kolam renang standar olimpic, tiket masuk jam 6-8 pagi Rp 15000

    Pertemuan 4 :
    Kolam renang Cikini, airnya bersih tempat bilas juga bagus tiket masuk @30 ribu per orang di hari sabtu/minggu dan libur

    Pelatih :
    Mas Dion
    - Teknik ngajar oke banget
    - Ga pernah komentar negatif yang bikin peserta down, menurut gw ini yang penting
    - Tepat waktu

    Mas Dion makasih buat latihan dan bimbingannya akhirnya saya bisa renang kaya ikan :D #horeeee

    1,2 jt buat 4x latihan, sepadan sama hasilnya! #sekarang udah naik :D hoho
    jaminan uang kembali – mana ada di tempat lain

    Buat yang ga bisa renang ga usah malu malu ikut pelatihan dari brdc. Selama ada niat dan kemauan dan belajar dari pakarnya dijamin pasti CEPAT bisa renang hehe

    Kalo mau renang dengan gerakan dan nafas yang benar dan mau cepat bisa cuma di BRDC jawabannya :D

    Sukses buat belajar renang dot com

    June 16, 2012 at 15:17

  60. Dian

    Alhamdulillah,latihan saya dengan pak Adi hari ini selesai dan saya bisa merasakan nikmatnya berenang santai di kolam dalam….

    Dari latihan pernapasan,teknik kayuhan,mengenal bouyancy tubuh,mengenal momentum,teknik berputar sampai akhirnya belajar gaya dada….
    Dari yang anti banget sama kolam dalem,akhirnya malah ngerasain nikmatnya kalau di kolam dalem

    Selalu Pak Adi bilang,renang itu harus cuek,renang itu harus dinikmati….semua itu saya coba selalu ingat

    Terimakasih banyak untuk Pak Adi yg amat sangat sabar membimbing saya,dan selalu memberi tanggapan positif yg membuat saya lebih percaya diri dan akhirnya mewujudkan impian saya bisa berenang :)

    Sukses selalu untuk Pak Adi & team

    July 6, 2012 at 23:03

  61. Finally aku diberi kesempatan untuk berteriak “AKU BISA BERENANG!!!!!!!!!”
    He2 dari zaman mahasiswa dulu ampe juni kemarin belum bisa, banyak cara saya lakukan mulai dari dikibulin temen2 katanya kalo udah minum air kolam 3x alias tenggelam maka 50% bisa renang (100% dikibulin) sampai mengajak anak berenang agar bisa pinjem ban pelampungnya (maluuuuuuuuuuuuu) he2
    Tapi semua itu tuntas sudah hahahaha
    Setelah ketemu situs BRDC seperti ada secercah sinar harapan untuk bisa renang, antara ragu daftar…..tidak… daftar…tidak…. (maklum investnya 1,5jt bro takut ketipu secara online) akhirnya bismillah, gw daftar tu pelatihan.
    Setelah kontek mas adi, gw dapat trainer mas dion (tinggi, gedhe, gosong) he2 sori mas… kidding saya juga udah gosong setelah pelatihan he2
    Mas dion ini motivator handal yang mampu meningkatkan percaya diri orang yang dilatih
    Stage I kolam dangkal 1,45 m
    Tgl 23 juni diajari teori sebentar dan langsung test bouncing dan manajemen napas
    Tgl 24 juni diajari kayuhan tangan, kaki dan udah diminta bolak balik lebar kolam

    Stage II kolam dalam 2,85 m
    Jreng jreng…. ini nih tahap ketar ketir cemas pengen kabur hahahaha
    Tgl 7 juli diminta masuk kolam dalem tapi masih dipinggir pokoknya nikmatin aja sesi ini hehehehe
    Tgl 8 juli diminta untuk menyeberang sampai tengah kolam, lalu sampai lebar kolam dan selanjutnya panjang kolam bolak balik he2 tenang aja bro, kalo manajemen napas di latihan pertama gak bener tau sendiri he2, ban untuk pertolongan juga dah siap he2
    Akhirnya tanggal 8 juli dinyatakan LULUS renang gaya kodok

    Makasih atas bimbingan mas dion yang selalu memotivasi bahwa semua bisa berenang dan makasih juga buat Tim BRDC sebagai solusi bagi orang dewasa yang belum bisa berenang, investasi yang dikeluarkan sebanding dengan skill yang didapat bro
    Hayo buruan daftarrrrrrr, indent lho.

    July 9, 2012 at 15:55

  62. Josep

    Akhirnya tulis testimoni juga.
    Sebenarnya saya latihan bulan Juni, tapi baru sempat tulis testimoninya.

    Pelatih saya mas Dion, dan sepertinya sudah banyak yang mendeskripsikan Mas Dion di testimoni2 sebelumnya :))

    Awalnya sempat ragu juga dengan situs ini ( takut ketipu juga hehehe..), tapi testimoni2 sebelumnya sangat meyakinkan, dan akhirnya saya tidak salah untuk menginvestasikan 1.5 juta di pelatihan ini.

    Pertemuan pertama manajemen nafas dan test bouncing
    Pertemuan kedua, kayuhan tangan dan kaki, dan adaptasi di kolam 2 meter.
    Pertemuan ketiga, kacau balau karena banyak begadang nonton piala Eropa :))
    Pertemuan keempat, di kolam 3 meter dan dinyatakan lulus..

    Saran saya, istirahat yang cukup sebelum latihan. Kalau tidak fit, pasti akan mempengaruhi hasil latihan. Hal ini bisa dikomunikasikan dengan pelatih agar dicarikan hari pengganti.

    Saya sangat puas dengan metode latihan yang di terapkan disini dengan pelatih yang berkualitas.

    Saat ini berenang sudah menjadi salah satu olah raga rutin yang saya lakukan setiap minggu

    Sukses selalu untuk BRDC

    July 27, 2012 at 16:40

  63. Ius

    Akhirnya kesampaian juga buat testi :D
    Privatny dah dri 3 bulan yg lalu, tapi baru sempat buat skrg ckck *ngakak

    Sebenarny saya mau cerita banyak, tapi saya lihat testi2 sebelumny sudah banyak yg menceritakan ttg Pak Dion, pelatih saya, so saya kira singkat saja kali ya hehe. Yang jelas rasanya senang banget akhirnya bisa berenang juga. Setelah sekian lama ga bisa berenang. Setiap diajakin teman2 buat renang selalu menghindar dengan alesan macam2. Padahal karena malu aja ntar ketahuan ga bisa renang haha.

    So aku sampaikan thankyou so much buat tim BRDC, Pak Adi n especially Pak Dion my coach. Berkat kalian saya akhirnya bisa renang. Sekarang jadi rutin setidakny minimal 1 kali seminggu renang dan jadi senang ma hal2 yang berbau renang.

    Ga usah ragu sama tim BRDC ini, apalagi sama pak Dion. Orangny sabar banget n selalu tepat waktu. Gw sering banget datang telat karena telat bangun *(maklum kebiasaan), pernah sampe telat satu setengah jam *hammer, tapi orangny ga pernah marah haha. Teknik ngajar bagus banget, gampang dicerna, n juga selalu memotivasi sehingga selalu semangat mencoba hingga bisa. Gw aja yg sudah dites bouyancynya negatif alias selalu tenggelam kayak batu *( n klo kata artikel ini _http://belajarrenang.com/2010/05/15/kenali-tubuh-anda/ , kemungkinan saya dikutuk haha) akhirny bisa berenang juga berkat dilatih oleh Pak Dion. Apalagi buat yang bouyancy ny positif yang sangat mudah sekali utk belajar renang mengingat badanny cenderung mengapung. So.. :D No doubt lah.

    Sukses terus buat tim BRDC.

    August 4, 2012 at 11:31

  64. Ve

    Mau ngeramein testimony yaaa…
    Saya kebetulan janji mau belajar renang ama Pak Adhi dah dari July, tapi fully booked terus jadwalnya, akhirnya November-december kesampean juga. It’s a dream come true karna aku memang monitoring aktifitasnya Pak Adi sejak 2010. Jadi dah lamaaa kepingin belajar tapi takut. Jadi ngumpulin keberanian dulu. Belajarnya berdua sama pacar yang lumayan skeptic (belajar renang gimana kok 4-5 x bisa berenang? Inilah itu lah… but he is following me afterall). Pertemuan pertama, di ajarin ini itu (tapi kalau boleh jujur, mendekati pertemuan 1 gw ga bisa tidur, maklum, takut sekali sama air hehehehe). Kirain pelatihnya galak, or tegas, but when I met Dion, hehehe orangnya friendly dan banyak senyumnya. First 15 to 20 minutes, I am terrifying … untung Dion sabar. Dari mulai panggil Pak Dion, Mas Dion, sampe akhirnya Dion aja deh, wong umurnya sama kok hahahah (maaf yee Dion).

    Anyway… pertemuan 1 berjalan mulus, so is the 2nd. Tapi tetep belum bsa berenang gaya katak… tapi aku dah bisa ngapung… dan sangat bisa ngapung, sampe saking ngapungnya, sampe sekarnag dah berpuluh2 kali nyoba utk berenang di bawah permukaan air engga bisa2. Sepanjang pertemuan, aku and Dion balapan sakitnya… (hiyaaa sama2 punya batuk, sama2 punya asma, sama2 sering masuk angin…*sambil tepok jidat). Saling bertukar info obat deh hihihi…

    Sebenarnya titik baliknya tuh di pertemuan 1,2 (disitulah awal pencerahan – menurut aku yaa) karna disitu banyak pembelajaran hal2 yang selama ini membuat kita takut akan air, padahal ngga perlu. Trus di pertemuan terakhir, eike mulai downgrade, alias lupa semuanya.. untung Cuma sebentar… intinya siiih… do not afraid to try… gw selalu bilang “I cant do that Dion”, “kayaknya gw ga bisa deh”… tapi toh ternyata bisa2 aja. I think Dion punya kelebihan mengencourage murid2nya… jadi kita ga takut lagi.. Dion juga saranin untuk terus explore macam2 gaya… And if he so happens baca testimony ini… sekarang kita berenang terus nih… dan menemukan 2 gaya baru… gaya katak yang di reverse, dan gaya punggung hehehhee… dan kemarin 2 jam berenang di kolam dalam… dan Ngga TENGGELAM sama sekali.. malah seneng banget.. I think I love being under water now… Singkat kata: Dion turn my fear into love (thdp air).. dan aku melihat air dari sisi yang berbeda sekarang. I would recommend anybody to learn swimming here… sssttt… mau woro2 juga ke temen2, biar kalo renang pada ngga takut2 lagi hehehhee… Thx Mas Adhi and Dion. You guys are the best!

    December 3, 2012 at 22:03

  65. Ana

    Halo tim BRDC..
    Testi ini dibuat setelah dua tahun sy lulus kursus. Itupun stelah dua kali nggak sengaja bertemu dengan Mas Dion, pelatih sy dulu :) Maaf ya Mas…

    Sy yang penakut sepakat mengambil kursus bersama teman senasib. Mas Dion melatih intuisi kami untuk bergerak di air, tahap per tahap, tips dan metode renang anti capek. Setiap pertemuan pasti ada progress yang nyata. Sy merasa termotivasi dan takjub saat dinyatakan lulus pada pertemuan keempat.
    Rasanya sesuathu bangett, hahaaa. Buktinya sy ga takut lagi diceburin ke kolam 3 meter.
    Dan setelah dua tahun, sy ga ingin absen berenang. Dijamin ilmunya ga karatan!

    Trimakasih pak Adhi dan Mas Dion atas program latihan BRDC ini.
    Semoga terus semangat berkarya dan sukses!

    January 4, 2013 at 09:48

  66. Trullia Veranny

    Hallo pak..Adhi, Pak Dion….saya mau testimoni ah :-) , entah kenapa pertama kali tau website ini langsung kyk ada keyakinan pasti langsung bisa nih nanti lesnya hehe….walau diawal rada deg2an,takut, malu ,campur jadi satu, tapi ternyata metode belajarnya asik bgt jadi sy pun seperti punya rasa percaya diri yg tinggi di air :)

    Terima kasih pak Dion pak Adi, sekarang sy sudah bisa berenang… lega bgt rasanya mencontreng satu list di “to do list before u die ” punya saya :D.

    Semoga bapak2 di berikan limpahan rejeki yg tak putus2nya amin :)

    April 12, 2013 at 19:34

  67. Hendry

    Pelatih saya Pak Dion, orangnya sabar dan jelas banget ngajarin nya, tepat hari ini 5 Oct 2013 , 1 jam yang lalu selesai dan dinyatakan lulus oleh Pak Dion.. hari pertama di ajari cara napas dan gerakan tangan, pertemuan 2, trus ke 3 dan hari ini terakhir, pertemuan ke 4 saya sudah bisa berenang dari ujung ke ujung di kolam renang Golf BSD.

    Untuk yang belum bisa dan mau belajar jangan ragu untuk langsung contact Pak Adhi dan join di pelatihan ini, cuma 4x pertemuan pasti bisa.

    Thanks untuk Pak Dion dan Pak Adhi.

    October 5, 2013 at 10:57

  68. arif

    pelatihnya sabar dan baik, sampai sampai yg harusnya target 4 hari jadi molor 5 hari. hehe. karena sayanya yang susah banget ngapungnya. walaupun pada akhirnya bisa juga.

    thanks pak dion

    November 4, 2013 at 09:45

  69. anna

    PAk Adi..
    Saya mengikuti kelas semi privat di bulan MEI 2013. Dengan janji 4-5x pertemuan di pastikan bisa. Saya mengikuti karena tertarik dengan testimoni ini. Karena pada dasar nya saya tidak bisa berenang. Dan perjanjian nya adalah tiap weekend pagi.

    Dengan membawa rasa takut yang luar biasa akirnya hari pertama saya bisa di dalam kolam renang… :) Ini luar biasa sekali karena pada dasarnya saya takut berada di air. tetapi sayang sekali hal ini tidak berlangsung lama.

    Saya minta jadwal untuk pertemuan di setiap weekend tetapi dari pelatih tidak bisa karena kata pelatih ada klien baru lagi yang minta di weekend pagi.. hohooo..jadi saya harus mengalah dengan klien baru tersebut, padahal pada awalnya setelah kelas ini selesai renacana saya akan lanjut ke sesi berikutnya.

    Yaa.. Jadi pada akirnya saya hanya sampai tahap bisa mengambang saja.
    Dan terhenti saya sampai di situ. Dan tanpa ada kejelasan lebih lanjut.

    Pak Adi,
    saya tertarik dengan program ini..
    Tetapi dengan ketidak nyamanan kami harapkan hal ini tidak terulang kembali pak.. Sangat di sayangkan karena program ini saya bagus untuk kami sebagai pemula..
    Tolong dapat di perhatikan lagi sebagai service terbaik tehadap pelanggan…

    Thanks,
    Anna

    November 14, 2013 at 13:06

  70. Bertahun-tahun berusaha bisa berenang tapi selalu gagal, saya bertekad untuk mencari guru renang. Kalau perlu yang super galak supaya saya tak bandel seperti kalau diajar oleh teman. :)

    Teman saya lalu merekomendasikan belajarrenang.com setelah membuktikan hasilnya. Yah meski agak mahal, tapi rela deh demi tak lagi duduk manis di atas perahu sementara yang lain asyik snorkeling.

    Jadilah pertengahan November 2013 saya berguru pada Imam, pelatih super kalem dibandingkan saya yang super bawel dan banyak maunya. Dengan teori yang valid dan contoh yang (kelihatannya) gampang, saya sudah (lumayan) bisa berenang di pertemuan kedua.

    Metodenya unik, karena tidak mementingkan gaya atau kecepatan, tapi bagaimana mengatasi rasa takut dan panik di dalam air. Saya yang biasanya takut, panik dan tak pernah bisa mengatur nafas di dalam air, sekarang malah jadi ketagihan berenang.

    Jadi, terima kasih ya… :)

    November 25, 2013 at 12:13

  71. Anita Serlina

    Suka snorkling tp ngk bisa berenang dilema banget akhirnya bertanya sama Mr.Google tentang kursus renang ketemu webside ini dan nonton video pembuka anak kecil berenang….wow …keren…. mau banget!!!. Baca2 ada tulisan 4 kali pertemuan bisa berenang awalnya terus-terang ragu banget ( masa sih ) mana biayanya jauh kebih mahal dibandingkan kursus renang lainnya…^_^. tp krn ada garansi ya booking sama pak Adhi.

    Trainer yg saya dpt namanya Mas Dion, orangnya kalem dan ramaaaaaah banget ( saya ngeyelpun tetap diladeni ). Hari pertama diajari adaptasi sama kolam, latihan nafas dan liat bouyancy tubuh saya yg +++ ( ngk bisa tenggelam kecuali panik dan lupa nafas ). Udah dikasih pemberat 3kg pun nyentuh dasar kolam 3 detik langsung naik keatas. Latihan hari pertama dan ke-dua enjoy aja krn ngk ada beban wong cuma belajar tenggelam sama nafas doang….hihiihihi….

    Tp gitu masuk hari ketiga….TUUUUIIIINNNNGGGG…..belajar renang gaya katak ngk bisa2 hampir 1 jam cuma belajar tentang posisi kaki dan tangan doang sempat stress dan minum air kolam ( huekkkk ) tp dgn sabarnya Mas Dion ttp kekeh suruh dicoba lagi
    jgn buru2
    nafasnya dijaga
    renangnya dinikmati
    ( dlm hati aduh mas..dinikmati gimana wong udah stres…wkwkwkwk…sorry mas Dion )

    Setelah berkali2 coba dan berusaha nikmati renang dgn kosongkan pikiran gitu liat keatas ternyata udah sampe ujung.

    BISA BERENANG!!! BANZAI,,,uhuhiiiiiii…prok…prokkk…senang banget.

    Mas Dion langsung suruh lanjutin berenang dari kedalam 1,2m sampai ujung 2,1m bolak-balik dan bolak-balik. Ngk percaya banget

    Sekarang mau kedalaman kolam berapa aja ayoklah, setiap pulang kerja langsung mampir kekolam renang dulu dan jd member loh. Selain renang mas Dion juga ajari cara atasi panik dan kram ( paket komplit dech ) jadi klu renang malampun ngk masalah

    Buat Mas Dion sama Mas Adhi makasih banget ya. TOP BANGET DECH-RECOMMEND

    28 November 2013 14:19

    November 28, 2013 at 14:30

  72. ery

    Baru kesampean nih Mas Dion bikin testinya..maap y

    The power of penasaran yang buat saya terus googling cari info gimana caranya bisa berenang. Akhirnya dapat juga informasi tentang belajarrenang.com, walaupun sempet ragu (bener gak ya??jangan2 testimoninya bohongan ;)) tapi rasa penasaran yang melebihi keinginan untuk bisa akhirnya menghubungi juga Mas Adi untuk daftar belajar renang disini secara dari dulu belajar renang belum berhasil juga. Pernah belajar renang, bukannya bisa tapi malah bikin ngeluhh terus akhirnya malah jadi males pergi belajar lagi karena capek ga bisa-bisa.

    Tidak lama setelah cocok jadwalnya sama Mas Adi, terus dihubungi sama Mas Dion yang bakal jadi trainer-nya trus janjian di kolam cilandak sport centre buat latihan. Pertama latihan sih sempet juga mikir masa latihannya cuma belajar ambil nafas, terus suruh duduk didalam air berani jamin 4 kali bisa renang.Wkwkwkw ternyata salah besar, justru itu yang penting karena bernafas yang benar membuat tenang, ga panik, dan tidak merasa capek berenangnya. Dengan dibumbui oleh kalimat-kalimat yang beuhh motivator aja kalah ;), Mas Dion dengan sabarrr banget ngajarin renang sambil ngebantuin buang pikiran negatif yang selama ini bikin takut sama kolam dalam, ga cuma teori kata-kata doank tapi langsung suruh ngelakuin jadi buktinya beneran dan beneran juga 4 kali latihan udah bisa kolam dalam

    Sekarang dimana liat air genang bawaannya pengen renang melulu, Tengkyuw ya..pokoknya Mas Dion recommended trainer deh

    December 10, 2013 at 08:41

  73. seiftiehari

    very highly recommended :D
    and for the team (mas dion & mas adhi), thanks a bunch !

    see u

    December 23, 2013 at 12:03

  74. Hendri Bong

    Gua umur 28th, n salah satu keinginan gua adlh bisa ngambang di air…
    Awalnya kaget karna latihannya cuma 4x, n ternyata bener di latihan ke 4, gua lom bisa atur nafas dgn benar.
    Mas dion, pelatih gua, nawarin 2 solusi:
    1. Sesi diakhiri n duit gua dibalikin
    2. Lanjut 2 sesi lg, with no additional charge.

    Hasilnya, Sekarang gua ud bisa renang, tinggal dilatih terus biar bdn semakin terbiasa.

    Tq mas dion.
    Bagi yg lom bisa renang n MAU bisa renang. Silahkan dicoba. if you never try, you will never know

    December 25, 2013 at 17:55

  75. denok

    sebenarnya sudah baca web ini sudah lama, tetapi masih ragu untuk memutuskan untuk belajar apa enggak.dalam hati bertanya2 apa iya deh 4x bisa renang?? berbekal resolusi 2014 akhirnya nekad daftar.jujur yang di otak saya hal ini seperti mission impossible. setelah iseng whatsapp mas adhi.. ternyata fast respon bgt.. akhirnya jadwal ditangan dan pelatih mas imam jg langsung mengubungi sy.

    wuihhh hari pertama dag dig dug bgttt… takutt bgt yang namanya nyemplung di kolam renang.. untungnya mas imam sabar bgt. hari pertama lancar.. giliran hari 2-3 baru deh ketauan kesulitan saya.. pengaturan nafas di air dan saat mengambil nafas lewat mulut bener2 bikin stress..adaptasi nafas di air masih kesulitan… untungnya mas imam sabarnya berlipet2… diulang2 terus ampe jam latihan sudah habis masih lanjut terus (padahal dah diingetin masih juga lanjut latihan…) akhirnya hari ke-4 bisa juga dg the power of kepepet.
    akhirnya resolusi 2014 jadi kenyataan …

    oya.. saya kebetulan berjilbab. dan mas imam menjelaskan di program ini minim sentuhan bahkan sebenarnya tidak ada sentuhan sama sekali kecuali dibutuhkan(kayak misalnya tiba2 megap2 di dalam air ..wkwkwkwk..)
    terimakasih mas adhi untuk menciptakan program ini ..sangat membantu kami yang merasa mustahil bisa renang saat sudah dewassa alias sdh tuir…
    terimakasih mas imam sudah melatih sampai bisa.

    January 13, 2014 at 12:24

  76. 4 x pertemuan bisa renang ..ini metode yg oke wajib ikut buat yg ingin sekali bisa renang atau yg takut dengan air atau yg sangat2 ingin berteman dengan air ..tkyu buat mas dion ..

    January 14, 2014 at 21:36

  77. Awalnya pilih belajar di sini karena udah malas belajar renang berbulan2 buang2 waktu n uang juga, hasilnya bener cuma 4x…..
    Pelatih saya pak Imam orangnya very nice, sama seperti yang dia selalu bilang kalau kita berhasil melakukan instruksinya “nice” jadi semangat haha.., walaupun belajar ditengah guyuran hujan tetap semangattt….

    Belajarnya step by step jadi gampang diikutin,
    Hari ke-1
    belajar adaptasi pernafasan, mengenal sifat air n bouyancy tubuh yg ternyata positif alias susah tenggelam “wahhh” kenapa gak ada yg ngasih tau dr dulu tau gitu semangat belajar renang dari zaman dahulu kala…:)
    Hari ke-2
    adaptasi di tempat dalam belajar tenggelam, berputar dalam air n diajarin juga teknik istirahat di air
    Hari ke-3
    belajar gerakan tangan, lalu disuruh coba berenang dengan kayuhan tangan di pinggiran kolam 3 m wheww… Berulang kali coba berenang selalu takut untuk ambil nafas berakhir selalu cari pinggiran kolam, uupps susah bgt hilangin takutnya rasanya mau udahan aja… tapi Pak Imam tetep sabar untuk mengulang n memberikan pencerahan, akhirnya… gak sia-sia sempet molor waktu pelatihan ada sedikit kemajuan berhasil mengalahkan ketakutan bisa renang sampe 1/2 lebar kolam… lanjutt…
    Hari ke-4
    sempet deg-degan takut gagal secara udah hari terakhir, dimulai belajar gerakan kaki, lalu koordinasi gerakan gerakan kaki, tangan n nafas, agak kesulitan di tempat dangkal, dibawa ke tempat dalam 3m ehh langsung bisa berenang gaya dada nyebrang tempat dalam bolak balik, agak gak percaya sih but it happens… senangnya, diakhiri belajar ngatasin kram n main-main di tempat dalam.

    Makasih byk ilmunya pak Imam n pak Adhi complete bener :) sukses trus ke depan n tetap exist.
    Fully recomended buat metode n pelatihnya…

    February 2, 2014 at 09:49

  78. Akhirnya bisa berenang juga. hehehhe.
    Terima kasih untuk Pak Dion ( Tim Pelatih Pak Adhi) untuk ilmu atau tips dan trik selama mengajari saya.
    Sekarang jadi senang berenang di tempat dalem dan mencoba-coba gaya lain, padahal dulunya takut sekali ke tempat dalam karena trauma pernah tenggelam.

    Terima kasih dan sukses selalu untuk Teamnya

    February 15, 2014 at 22:20

  79. ony - tebet

    Senang rasanya bisa nyaman di air tanpa takut tenggelam, thanks to pelatihan dan bimbingan Pak Iman yang sensible dan effective.

    March 4, 2014 at 05:46

  80. arnold1407

    Terima kasih untuk belajarrenang.com dan tim khususnya mas kurniawan, saya bisa belajar banyak untuk bisa lebih tenang (survival) waktu di dalam air. Makasih jg ya mas kurniawan yg udah sabar banget ngasi tau cara/teknik2 dasar survivalnya. Yg tadinya saya gk bisa bolak balik berenangnya skrg udah bisa tenang dan gk maksain buat nyampe buru2 di tepi kolam. Pengalaman banget dah belajar berenangnya. Pokoke buat yg mau belajar kayak saya, recommended dah. Top markotop! Semoga semakin banyak orang2 yg bs survive waktu di dalam air. Terima kasih banyak untuk waktunya. Sukses buat belajarrenang.com dan tim.

    March 15, 2014 at 13:17

  81. catur

    Ikutan sharing ya….

    Awalnya saya nyari info Kursus Renang buat anak saya yg umurnya baru 2 tahun. Karena kebetulan saya Dan istri ngga bisa berenang, jadi kami berdua sepakat, hal yang memalukan ini jangan sampai di alami oleh jagoan kami.

    Akhirnya saya coba googling, untuk nyari tempat Kursus yang sesuai harapan. Ditengah pencarian tersebut, mata saya nyangkut di blog ini. Setelah saya lihat video Dan baca sistem pembelajaranya termasuk garansi yang di berikan, eh justru saya Dan istri yang minat untuk belajar berenang.

    Singkat cerita saya SMS Pak Adhi, Dan diluar dugaan responnya cukup cepat. setelah nanya INI ITU, akhirnya saya Dan istri sepakat untuk Kursus renang bareng. Oleh Pak Adhi kami di jadwalkan berlatih di kolam renang Citos pada pertengahan februari 2014, dengan pelatihnya bernama Dion.

    Sebenarnya malu juga sih belajar renang di usia yang nggak muda (kepala 3 bro), tp ternyata Mas Dion INI orangnya ramah dan sabar banget. Dari pembicaraan pertama saya langsung merasa nyaman, Dan ITU membaDan saya untuk PD mengikuti instruksi selama di dalam air.

    Yang saya rasakan selama Kursus, proses pembelajarannya sangat runtut Dan sangat mudah di pahami. Sehingga saya yang tadinya berangkat dengan sedikit pesimis, berubah menjadi sangat optimis dan yakin 100% kalau saya bakal bisa berenang.

    Akhirnya mimpi menjadi kenyataan, Sekarang saya Dan istri sudah bisa berenang, bahkan cukup PD untuk berenang di tempat dalam.

    Sekali lagi terima kasih Mas Dion Dan Pak Adhi, Smoga ilmunya bisa di bagi ke lebih banyak orang. Super sekali……

    March 29, 2014 at 06:46

  82. Julius

    A big Thank you buat Dion yang uda dengan sabar ngajarin gw berenang di tengah musim ujan January lalu… sorry baru sempet kasih testimony bos… a very busy month lately…Dion berhasil ngajarin gw berenang dari gak bisa sama sekali sampe jadi bisa renang gaya katak… dari ga berani nyemplung ketempat dalem, sampe gw brani nyebur ke laut kmrn di phuket even tanpa vest… :D thanks a lot bos…

    March 30, 2014 at 16:19

  83. Desy

    PERSONAL BACKGROUND : Suka laut/pantai, suka snorkling, dan mau belajar diving.

    PROBLEM : Pernah tenggelam di laut jaman SMP sampai harus diselamatkan orang, Kendala terbesar so tidak merasa nyaman dengan situasi kalau air sudah melampaui kepalaku.

    INTRODUCTION & LEARNING PROCESS : Bermula dari temanku YANI, yang trnyta sdh trf uang utk joinan disini dan sdh ada schedulenya. Dia awalnya WA ke gw utk nemenin dia nyari kcmt rnng, nah mulailah dia cerita ttng plan dia utk bljr disini. Gw pribadi justru lgi nyari info utk diving course, yg mana ada salah satu syarat utk bisa bljr diving stlh nanya pihak divingnya dan nanya tmn yg sdh pya license: “able to SWIM IN PROPER way at least 30 mins non-stop”….so ini jadi mslh buat gw. Contact pun mli gw buat ke pelatih yang tryta Yani sdh ditentuin nantinya siapa yg akan jdi pelatihnya. Mli gw nanya ttng pelatihnya cewe or cowo, krn pd awalnya aga risih klo yg ngelatih cowo…gw pribadi maunya pelatih cewe. Terus mau latihanya dimana, waktunya,,,,and so on. Yg akhirnya buat gw positif joinan adlh stlh gw buka webnya sdri dan baca semua info yg gw perlu tahu. So. finally I’m signing in, we take semi-private class, 5x, started 8 March 2014 at Cikini.

    Awal ketemu muka dengan pelatih kita, yaa on the spot di kolam Cikini, (yg kolamnya baru kita tau hari itu juga, Thanks to Om Gugel hehe)…. Namanya Pak IMAM (dan akhirnya gw panggil Mas, scra kayanya seumuran, or mngkin dia tua-an dikit…or jgn2 dia lebih muda dari gw & Yani lagi …nah lho hehe!) anyway kesan pertamanya tuh orangnya pembawaanya tenang (setenang air kolam cikini sbtu pagi jam 8… ato jgn2 ngantuk krn jdwl kita pagi terus hehehe). Pembelajaran pun dimulai, sama sprti testimoni2 sblmnya kita berdua juga belajar hal yang sama. Tapi turning point buat gw pribadi adalah di pert.2 ….. This is a little tip for you guys : Never ever, said : Kolamnya rada butek yaa disini ?” gara2 ucapan “cerdas” gw ini, maka dgn penuh senyum jail si Mas Imamnya bilang : Ok, klo gitu kita ke kolam 2 mtr ! dan mendadak perut gw sakit dan gw liat2an ama tmn gw dgn muka panik hahaha…. antara perasaan takut kebayang waktu SMP tenggelam + kepikiran untuk kabur pulang tanpa dia tau, krn gw sempet ke toilet lama + penasaran + nekat (dan sprtinya NEKAT adlh perasaan terbesar gw, yg membawa gw berani ke kolam 2 mtr) awalnya jelas nginjek tepian lah yaa…. scra gw nga pernah nyemplung ke kolam 2mtr lagi smjk gw SMP …. dan dia mulai ajarin kita utk masuk dalam air dgn ambil nafas keluar masuk, trus puter2 badan dalam air, mengapung, and so on….sampe akhirnya mli berani lepas tangan dan keluar dari injakan tepi kolam. Scra pribadi, ini paling berkesan buat gw pribadi, bisa merasa nyaman di kedalaman yg jelas2 sdh melampaui kepala gw. Begitu gw sdh dapet moodnya, everything flow as simple as that ….. Oh, iya another tips : di Pert.3 kita bener2 ditinggal, Si Mas Imamnya bnr2 ngelepas kita sendirian nyebrang dr ujung ke ujung ! so beware & prepare yourself and don’t forget to use “the power of kepepet” a.k.a nekat hehehe …..

    Kendala terbesar kedua gw selanjutnya adlh : Pola Nafas. Yang sering di bilang si Mas Imam : Harusnya kita bisa punya pola nafas dalam air, sesantai kita lagi jalan di darat. Masalah gw adlh : Begitu nyemplung, gw suka lupa klo gw itu bernafas dgn paru2 bukan insang…hahaha…. so pola nafas gw masih perlu di koreksi. Sampe pert terakhir (ke 5x) kita renang maraton keliling kolam start di 3mtr. Utk renang secara melebar gw sdh bisa, tapi utk renang secara memanjang (Gw nga tau bahasanya apaan…so smga nyambung yaa) masih harus berhenti at least 1x/2x…krn gw masih berpikir jaraknya kejuhan klo yg pnjang dan nafas gw belum stabil. Tapi gw percaya seiring dengan gw sering renang, gw akan kuat utk non-stop renang PxL :D

    ENJOY THE PROCESS : Muka kebakar & belang (better pake swimsuit yg buat diving so badan nga terlalu belang dan hrs terima diomelin dokter muka elo), telen air kolam, air masuk hidung berasa sakit ampe ubun2, ngambil gundu di dasar kolam 3 mtr nga bisa2, & moment foto2 dalem air ……..

    SUGGESTION : Akan jauh lebih baik jika bisa mengakomodir jg kebutuhan murid yang mau bljr diving jg, so kita bljrnya satu paket start dari Swim for Survive s/d Diving course with the license also :D

    CONCLUSION : Jelas bnyak manfaat yang kita dapat (secara teori : Pola bernafas, pola kayuhan, pola kaki, pola berputar dlm air, pola mengambang scra tengkurap & telungkup, cara atasi kram, cara loncat yg benar incase kita harus lompat dari ketinggian mis pesawat yang jatuh, or dari kapal yang mau tenggelam,etc) tapi kesimpulan yang terpenting buat gw pribadi adlh : IS HOW YOU CAN CONQUER YOUR FEAR

    So thanks to Mas Imam, who successfully convienced me to : Breathe, Relax, & Enjoy the sightseeing :D

    March 31, 2014 at 09:09

  84. Yani

    Akhirnya bisa renang..yes!!!

    Yang paling berkesan adalah metode mengajarnya yang bisa menyakinkan saya untuk memberanikan diri dan tak takut tenggelam.
    Bisa..bisa..itulah yang sering diucapin pelatih saya Pak Imam yang sabar…

    Meskipun singkat (cuma 5 x pertemuan), saya dan teman saya (Desy) belajar cukup banyak dari Pak Imam seperti bagaimana cara bernapas yang baik dan benar didlm air, mengapung, tenggelam:p, mengayuh pakai tangan dan kaki (gaya dada), etc…

    Recommended buat yang ga bisa renang dan pengen cepat bisa..
    Thanks a lot to Pak Imam dan Pak Adhi, sukses terus untuk belajarrenang.com

    April 1, 2014 at 11:38

  85. lenny

    Lenny – cibubur

    Big thanks buat mas dion, akhirnya aku bisa renang. Pertama ambil paket maret 2013 coachnya mas faridz baru 2 kali belajar terus stop. Lanjutnya 1 tahun kemudian akhir bln maret kemarin sama mas dion. Makasih juga Pak adhi walau udh 1 tahun tetap bisa ngelanjutin belajar renangnya.

    April 4, 2014 at 11:36

  86. helmy

    Terima kasih saya ucapkan kepada mentor saya mas kurniawan yang dg sabar melatih saya yang tadinya cuma bisa renang gaya batu akhirnya bisa breaststroke swimming style, terima kasih mas adhi walaupun belum bertemu langsung, nama nya jg CEO belajar renang dotcom super sibuk kali ya, terima kasih kolam renang ciki** yg membantu saya ngapung yg kadang2 panas bgt dan banyak bocah 😂
    dan pada intinya berkat rahmat tuhan dan browsing google ketemu belajar renang dot com akhirnya bisa berenang jg :D
    Terima kasih seribu kali lg buat mas kurniawan teman dan mentor yang sabar banget dah.

    salam nyemplung,

    regard
    Helmy

    April 6, 2014 at 19:50

  87. Ivan

    Siang mas adhi, setelah 24 thn ga bisa berenang, akhirnya saya memberanikan diri mencoba menghubungi mas adhi untuk mengikuti kursus survival ini .
    Saya di bimbing oleh mas kurniawan sebagai pelatih dan hanya dalam 3x pertemuan, sy sudah bisa maen2 di kolam 3m ! Hahahahaa !

    Kalau sekarang sih, udh males maen di kolam cetek *sombong dikit*

    Makasih mas kurniawan dan mas adhi

    April 13, 2014 at 12:26

  88. susi rahmayati

    Susi – Rawamangun

    Akhirnya setelah kepala 4 baru bisa berenang…:)
    setelah dimentorin sama mas kurniawan ..thanks banget ya :)

    Dulunya aku itu takut banget sama air, takut tenggelam hehehe
    tp sekarang malah ketagihan berenang

    sekali lagi thanks banget

    April 13, 2014

    April 13, 2014 at 14:52

  89. Dedy Wijanarko

    Alhamdulillah….
    Berani juga saya di kolam dalam!!!

    Sebelumnya…..hadeuh….dengar pelatih bilang…5 menit lagi pindah ketempat dalam yaa..
    Seketika buyar semua konsentrasi!!!…..koordinasi gerak dan nafas kacau tidak karuan….
    Tapi karena kesabaran dan konsistensi pelatih dalam menyampaikan teori teknik berenang yang benar….
    Akhirnya di pertemuan ke-4,saya bisa mengatasi ketakutan tersebut dan bisa berenang di kolam yang dalam…nyebrang lagi!!!

    Thanks a lot Bro Imam….matur suwun sanget!!!

    April 16, 2014 at 23:53

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 62 other followers