Mengapa saya kesulitan saat belajar renang ?

“Kenapa sih saya sangat kesulitan saat belajar renang ?”

Pertanyaan itu sering dilontarkan oleh sebagian peserta saat sebelum mulai latihan. Sebagian dari mereka bercerita sudah berkali-kali belajar baik dilatih oleh teman maupun oleh pelatih renang. Bahkan beberapa sudah sampai tingkat frustasi dan memutuskan untuk menerima takdir tidak bisa renang. Apakah anda berfikiran yang sama dengan mereka ?

Tunggu dulu.. Jangan terburu-buru putus asa. Kita kenali dulu apa yang menyebabkan orang dewasa cenderung sulit untuk belajar renang.

Daya apung (bouyancy)

Salah satu yang berpengaruh adalah daya apung. Semua Anak kecil memiliki daya apung yang sama yaitu mengapung. Namun jika sudah dewasa kan berbeda.

Pada umumnya pria mengapung, namun tidak sempurna. Tulang, otot dan kecilnya panggul membuat kaki cenderung lebih tenggelam. Bahkan sebagian orang tubuhnya tenggelam sempurna. Hal ini lah salah satu yang membuat sulit sekali untuk belajar renang. Kondisi ini membutuhkan pendekatan dan metode khusus untuk belajar renang.

Wanita memiliki karakter yang sedikit berbeda. Wanita cenderung mengapung sempurna, karena massa otot, tulang yang lebih kecil serta panggul yang lebih besar dari pria. Seharusnya dengan daya apung seperti ini akan lebih mudah untuk belajar renang. Namun faktanya untuk non swimmer, daya apung ini memiliki permasalahan sendiri yang mempersulit belajar renang. Metode dan pendekatannya akan berbeda.

Rasa Takut

Rasa takut bukan hal yang perlu dihilangkan. Takut dapat membuat kita lebih waspada dan belajar lebih banyak. Namun, takut yang berlebihan justru dapat menghambat proses belajar. Takut berlebihan akan menghalangi kita dalam mencoba sesuatu. Hal ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang rasa takut, khususnya di air.

Waktu Luang

Sebagian besar orang dewasa memiliki sedikit waktu luang. Biasnya habis untuk kerja dan keluarga. Sehingga porsi waktu untuk belajar hal baru sangat sedikit. Selain itu orang dewasa biasanya tidak sabar mengikuti proses belajar. Inginnya instan. Padahal pelatihan renang pada umumnya bersifat instingtif atau membangun insting baru, sehingga membutuhkan waktu. Pemahaman tentang cara membangun insting, dapat membentuk metode yang efektif untuk dewasa.

Solusi

Belajarrenang.com memiliki metode yang sesuai untuk semua permasalahan di atas. Metode disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesulitan setiap peserta. Cepat dan efektif.

Booking jadwal sekarang..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s