SURVIVAL SWIMMING PROGRAM

Belajar dari penyelam handal

Bulan april lalu, saya mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan seorang penyelam handal (senior). Beliau adalah ketua umum POSSI DKI Jakarta Bapak Martin Wetik. Beliau juga seorang direktur sebuah perusahaan pelatihan keselamatan (PT. OSHI). Tentu saja awalnya saya langsung minder melihat reputasi beliau. Apalagi diskusi dilakukan bersama tim pelatih dari OSHI seperti mr. Andreas, pak norman dan pak agung yang notabene orang-orang dengan jam terbang tinggi. Tapi karena kali ini yang di bahas adalah survival swimming yang merupakan bidang saya, maka saya berusaha untuk santai.

Diskusi dimulai dengan menjabarkan konsep survival swimming, dimana Lebih menekankan pada teknik bertahan di air tanpa menggunakan alat bantu. Dengan teknik management pernapasan dan management posisi. Kemudian keterkaitannya dengan dunia diving dan sea survival. Di sinilah diskusi berjalan dengan sangat baik.

Pak Martin dan tim OSHI menunjukkan keingintahuan yang besar terhadap survival swimming. Jujur saya tidak menyangka orang dengan reputasi seperti beliau masih berusaha untuk mendalami banyak hal. Namun sekarang baru saya menyadari, justru sifat keingintahuan dan selalu belajar inilah yang menghantarkan beliau menjadi penyelam handal dgn reputasi seperti yang sekarang ini.

Pengetahuan saya yang minim tentang dunia diving pun tidak menghambat jalannya diskusi. Karena Beliau dan tim memberikan banyak sekali pengetahuan tentang dunia bawah air sehingga membuat pengetahuan saya tentang selam pun bertambah luas. Yang jelas ini membuat saya semakin semangat untuk menggeluti dunia selam.

Benar-benar hari yang menyenangkan. Banyak sekali yang saya dapat dalam sehari. Selain pengetahuan tentang dunia selam saya juga mendapatkan bahwa keinginan selalu belajar merupakan kunci dari kesuksesan. Dan tentu saja bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan.

Terima kasih Pak Martin, Pak Andreas dan tim OSHI.

 

Mengapung dengan pakaian "all cover" 1

Mengapung dengan pakaian "all cover" 2

posisi saat mengapung menggunakan all cover

Salah satu teknik "towing" tanpa alat bantu

Saya dan tim OSHI

 

pict : doc.  PT OSHI

 

 

 


About these ads

3 responses

  1. rista

    knp ketika blajar mengapung d air yg tenang lebih mudah,dr pd d air yg berombak.

    October 25, 2011 at 11:23

    • Sebenarnya daya apungnya antara yang bergelombang maupun yang tenang. Namun pada air bergelombang cenderung sulit untuk mempertahankan posisi. Ini membutuhkan pengetahuan khusus tentang bagaimana menjaga keseimbangan di air. Karena di dalam renang, Body Balance adalah salah satu unsur penting.

      October 26, 2011 at 10:54

  2. irvan

    eh itu cover all nya ko bisa dikembungin gitu? gmn caranya ya? selama ini ikutan basic sea survival & HUET ga pernah diajarin gitu.

    May 7, 2012 at 17:14

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 66 other followers