SURVIVAL SWIMMING PROGRAM

Menikmati segarnya danau singkarak

Seminggu lalu dapat tugas dari kantor untuk ke sawahlunto. Kota kecil di Sumatra Barat yang terkenal dengan hasil tambang batu bara nya. Untuk mencapai kota ini dari kota padang harus melalui perbukitan yang diwarnai dengan tanjakan-tanjakan cukup terjal. Ga begitu jauh sih, cuma 2 – 3 jam perjalanan. Tapi karena jalanan yang naik turun serta berkelok-kelok lumayan bikin badan cape.

Kebetulan kegiatan kali ini adalah pelatihan water rescue, jadi akan sering bermain di air. Hari kedua kegiatan dilaksanakan di danau singkarak. kira-kira 1,5 jam dari sawahlunto. Begitu sampai lokasi saya langsung jatuh cinta sama nih danau. Selain pemandangannya yang sangat indah, airnya pun terlihat jernih.

Danau Singkarak

Tanpa menunggu lama, langsung saja menceburkan diri. Wuih.. seger banget. Sinar matahri yang cukup terik hari itu tidak bisa mengalahkan rasa segarnya air danau. Air nya jernih, ketika di tepi kita bisa melihat bebatuan di dasar danau sampai kedalaman 1,5 meter. Jika lebih ketengah pemandangan bawah air akan berubah menjadi kehijauan. Bukan berarti airnya tercemar sehingga berwarna hijau, tapi merupakan pantulan dari tanaman air yang tumbuh baik di dasar danau.

Pemandangan bawah air danau

Sudah lama saya renang tanpa kacamata renang. Soalnya kalo dikolam renang ada kaporitnya, mata jadi pedih kalo ga pake kacamata renang. Tapi di sini, mata terbuka lebar di dalam air pun sama sekali tidak terasa perih. Uniknya lagi, entah mengapa saat kita renang ikan-ikan kecil akan mendekat. Ikan kecil ini adalah ikan bilis yang memang memiliki habitat di danau ini.

Namun perenang harus berhati-hati, dari tepi danau sampai dengan jarak sekitar 50 meter ke tengah terdapat tanaman air yang tumbuh di dasar danau dan kadang menjulur sampai permukaan air. Kabarnya cukup banyak orang yang tenggelam akibat kakinya terjerat tumbuhan tersebut. Kaki saya pun juga sempat terjerat. Selain itu, ketika memasuki jarak 100 meter dari pinggir danau air mulai terasa dingin. Perenang bisa mengalami kram dan hipothermia.

Segeeeeer…

Yang jelas, jika anda sedang berkunjung ke sumatra barat, sempatkan untuk merasakan segarnya danau singkarak. Dijamin ga nyesel..

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 68 other followers